10 Larangan Dalam Menggunakan Sumpit Di Jepang Yang Wajib Anda ketahui

Posted on

10 Larangan Dalam Menggunakan Sumpit Di Jepang Yang Wajib Anda ketahui

 

Mungkin Anda berpikir kalau menggunakan sumpit itu bebas bebas saja namun menurut budaya Jepang ternyata menggunakan sumpit ada aturannya. Jika Anda ingin ke Jepang atau bergaul dengan orang Jepang, ada baiknya Anda mempelajari tata cara menggunakan sumpit menurut adat istiadat Jepang sehingga Anda tidak membuat rusak suasana perjamuan makan Anda dengan orang Jepang atau klien Jepang Anda karena Anda di rasa kurang sopan.

10 Larangan Dalam Menggunakan Sumpit Di Jepang Yang Wajib Anda ketahui, tata cara menggunakan sumpit di jepang
10 Larangan Dalam Menggunakan Sumpit Di Jepang Yang Wajib Anda ketahui, tata cara menggunakan sumpit di jepang

Berikut ini 10 larangan dalam menggunakan sumpit menurut tata cara Jepang :

  1. Pegang sumpit Anda dengan benar

Perhatikan bagaimana orang-orang Jepang dalam memegang sumpit. Mungkin tidak langsung bisa dan membutuhkan latihan. Untuk Anda yang bergaul dengan mereka sebaiknya berlatihlah memegang sumpit dengan benar sebagaimana mereka memegang sumpit. Jangan malas karena setelah Anda terbiasa memegang sumpit dengan benar dan mudah berarti Anda sudah mulai menyatu dengan mereka.

  1. Jangan Makan langsung Tempat Makan Bersama

Ambil makanan dari piring bersama dan letakkan di piring atau mangkuk Anda sendiri sebelum memakannya. Kalau Anda memakannya langsung setelah mengambil makanan dari tempat makanan, itu namanya tidak sopan.

  1. Gunakan dudukan sumpit

Banyak restoran Jepang akan menyediakan sumpit. Bila Anda tidak menggunakan sumpit Anda, pasanglah di dudukannya. Jika sumpit sekali pakai Anda tidak akan diberikan dudukannya. Namun, Anda bisa membuatnya dari bungkus sumpit. Sumpit tidak boleh ditempatkan tegak di nasi Anda karena ini menyerupai upacara yang dilakukan di pemakaman di Jepang.

  1. Jangan melihat-lihat dengan sumpit Anda

Jangan melayang-layangkan sumpit Anda di atas semua piring ketika Anda berpikir tentang apa yang Anda inginkan. Ini dianggap serakah (sashi bashi). Jangan langsung ambil saja lauk atau sayur dengan sumpit Anda secara langsung tanpa harus melayang-layangkan sumpit diatas makanan yang hendak Anda ambil.

  1. Jangan menggali

Ambil makanan dari atas, jangan menggali atau mencari-cari bagian tengah atau mencari sesuatu di dalam makanan atau lauk pauk.

  1. Jangan menjilat

Jangan menjilat ujung sumpit yang hendak Anda gunakan apalagi untuk mengambil lauk atau sayur yang masih di atas piring yang orang lain hendak mengambilnya juga. Jijiklah. (Neburi bashi)

  1. Hati-hati memberi makanan kepada orang lain

Jangan sekali-kali berbagi makanan dengan melewati sumpit dengan sumpit karena ini menyerupai kebiasaan pemakaman Jepang saat tulang kremasi dipindahkan dengan paksa ke guci. Ini mungkin tabu terbesar di meja makan Jepang. Anda dapat mentransfer makanan dengan menggunakan sumpit Anda ke piring orang lain, tetapi membawa mereka melewati piring ke Anda jika jaraknya. Idealnya Anda akan meminta pelayan untuk sumpit lain yang ditempatkan di tengah meja dan digunakan setiap kali seseorang perlu memberi makanan untuk orang lain.

  1. Sumpit bukan mainan

Jangan menunjuk dengan sumpit Anda saat berbicara atau menahan mereka untuk waktu yang lama tanpa makan. Jangan sekali-kali menggosok sumpit berulang kali setelah Anda memisahkannya karena ini adalah tanda bahwa menurut Anda sumpitnya murah.

  1. Jangan menyilangkan sumpit saat beristirahat di atas meja

Sekali lagi, sumpit Anda termasuk dalam dudukannya dan pastikan keduanya sejajar satu sama lain saat beristirahat. Sumpit yang disilangkan adalah hal lain yang mengingatkan orang akan upacara pemakaman.

  1. Jangan mengayunkan sumpit ke sup Anda

Bila Anda melakukan ini sepertinya Anda mencoba untuk membersihkannya. Hal ini terkadang menggoda karena sup miso tetap ditangguhkan dan tidak larut.

Sumpit bukan hanya dua tongkat untuk makan tapi simbol budaya yang sangat mendarah daging. Tata cara menggunakan sumpit berbeda dari budaya ke budaya dan di China dan Korea aturannya berbeda.

Menggunakan sumpit adalah suatu seni tersendiri bahkan bagi orang Jepang sendiri namun jika Anda berusaha sebaik mungkin menggunakan sumpit, insya Alloh Anda akan mahir dan tahu tata cara dalam menggunakan sumpit dengan baik.