4 Manfaat Kunyit untuk Wanita

Posted on

4 Manfaat Kunyit untuk Wanita

 Indonesia kaya akan hasil bumi dan juga rempah rempah yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

Salah satu rempah yang cukup banyak dicari manfaatnya adalah kunyit.

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Curcuma Longa ini tumbuh dan menyebar di wilayah Asia Tenggara dan kemudian meluas hingga ke benua Australia dan Afrika.

4 Manfaat Kunyit untuk Wanita
4 Manfaat Kunyit untuk Wanita

Kunyit sehari-hari dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat, bahan jamu, pelengkap bumbu masakan dan juga untuk kecantikan dan kesehatan.

Karena manfaat bagi kesehatan yang terkandung dalam kunyit cukup tinggi, kunyit dalam dunia farmasi kemudian dikembangkan sebagai suplemen makanan dalam bentuk kapsul yang pasarannya cukup tinggi dan mampu bersaing dengan obat paten.

Tahukah Anda, kunyit di berbagai daerah memiliki nama yang berbeda beda. Di Jawa, kunyit dikenal dengan nama kunir sedangkan di Madura kunyit disebut dengan nama Koner. Di Inggris kunyit disebut Saffron dan di Belanda kunyit dikenal dengan sebutan curcuma.

Dikenalnya kunyit diberbagai daerah menandakan kunyit mampu hidup dan beradaptasi  diberbagai tempat.

Manfaat kunyit sangat banyak dan beragam.  Pada kesempatan kali ini kami mencoba mengulas manfaat tumbuhan yang tergolong jahe-jahean ini khususnya untuk kaum wanita.

Berikut ini kami sajikan 4 manfaat kunyit untuk wanita :

1.       Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim

Kunyit yang memiliki nama latin curcuma domestika  mengandung kurkumin, selulosa, mineral, zat pahit, pati, minyak atsiri dan resim yang sangat bermanfaat untuk tubuh khususnya sebagai anti inflamasi dan menangkal radikal bebas.

Kandungan yang terdapat pada kunyit mampu mengurangi rasa nyeri pada saat datang bulan (nyeri haid), mengatasi keram otot yang terjadi saat haid, menstabilkan aliran darah pada area rahim, menghilangkan keputihan dan  mencegah timbulnya penyakit kanker rahim.

 

2.       Khasiat Kunyit Dan Madu

Manfaat yang terkandung dalam kunyit dipadukan dengan manfaat yang terdapat pada madu dipercaya dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Meningkatkan stamina dan membantu memulihkan tenaga sehabis sakit. Kombinasi kunyit dan madu ini sangat cocok dimanfaatkan untuk wanita yang memiliki kegiatan yang padat sehingga  aktifitas dapat terus berjalan tanpa takut drop dan kelelahan.

Meski begitu istirahat yang cukup juga perlu diperhatikan. Sebab kekuatan fisik juga ada batasnya dan tubuh juga perlu beristirahat.

3.       Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Kunyit memiliki manfaat untuk kecantikan antara lain :

       Untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah

       Menghaluskan kulit

       Mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini

       Mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah

       Menyamarkan kerutan

       Membantu mempercepat penyembuhan luka

       Melembabkan kulit kering

       Mencerahkan warna kulit

       Dan lain sebagainya

 

4.       Manfaat Kunyit Untuk Wajah

Dalam dunia kecantikan, kunyit dimanfaatkan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Kandungan yang terdapat dalam kunyit sangat baik digunakan untuk menghaluskan kulit wajah dan menghilangkan noda hitam pada wajah.

 

Dari ulasan diatas, manfaat kunyit untuk wanita yang dapat kita rangkum adalah untuk memperlancar datang bulan (haid), mengurangi nyeri haid, mencegah tumbuhnya sel kanker payudara, memperlancar ASI, merawat wajah dan mempercantik kulit.

Saat ini telah tersedia  kunyit instan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan wanita. Namun penggunaan kunyit instan sangat tidak disarankan bagi ibu-ibu hamil karena dikhawatirkan mengandung bahan -bahan pengawet dan campuran bahan lainnya yang berbahaya untuk janin.

Demikian uraian tentang 4 manfaat kunyit untuk wanita yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya sebagai bahan informasi untuk Anda.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda seputar manfaat kunyit untuk wanita