9 Fakta Menarik Tentang Ikan Badut atau Clownfish Yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

9 Fakta Menarik Tentang Ikan Badut  atau Clownfish Yang Perlu Anda Ketahui. Anda mungkin tidak paham apa itu ikan badut, namun jika Anda ingat Nemo dalam film finding Nemo, Anda pasti tahu dan ingat, dan Nemo itu adalah ikan badut atau clownfish. Ikan badut ini sangat menarik karena bentuk dan warnanya yang sangat cerah dan mencolok indah.

Ikan Badut
Ikan Badut

Inilah beberapa fakta tentang ikan badut yang patut Anda ketahui.

  1. Ikan badut atau Clownfish juga dikenal sebagai anemonefish yaitu ikan yang hidup diantara anemone, yaitu hewan dari kelas Anthozoa yang sekilas terlihat seperti tumbuhan, tetapi merupakan jenis hewan laut. Anemon memiliki tentakel beracun dan karnivora (pemakan hewan) yang melumpuhkan ikan dengan racun pada tentakelnya. Ikan badut  bisa selamat dari tentakel beracun ini karena bisa menyesuaikan diri dengan tentakel, dengan mengikuti gerakan tentakel dan kemudian membiasakan diri menyentuh tentakel.  Walaupun ikan badut  hidup diantara anemone, mereka hanya dapat hidup di sepuluh dari lebih dari seribu spesies anemon laut. Jadi tidak semua anemone bisa dijadikan tempat hidup buat ikan badut ini.
  2. Habitat Ikan badut tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang besar Australia dan mereka biasanya hidupnya berpasangan.
  3. Ikan badut adalah omnivora, mereka makan daging dan tumbuhan seperti  ganggang, zooplankton, cacing  dan ikan badut akan memakan sisa-sisa makanan yang tidak termakan anemon. Ikan badut juga memakan tentakel anemon yang sudah mati, alga dan plankton.
  4. Selain numpang hidup pada anemone, ikan badut ternyata juga melindungi anemon laut  yang ditumpanginya dengan mengusir ikan pemakan polip, seperti ikan kupu-kupu.
  5. Umur ikan badut bisa sekitar 6 sampai 10 tahun di alam liar dan sekitar 3 hingga 5 tahun di penangkaran.
  6. Ukuran terbesar ikan badut bisa mencapai panjang 15 sampai 16 sentimeter, sedangkan ikan badut yang terkecil  mencapai panjang 7 sampai 8 sentimeter .
  7. Ikan badut adalah merupakan ikan hermaprodit berurutan,  awal perkembangannya mereka  berkelamin jantan, dan ketika mereka dewasa, ikan badut jantan terbesar, secara otomatis akan berubah menjadi betina.
  8. Dalam proses bertelur, Ikan badut betina akan bertelur di batuan dan karang dekat anemon secara bertahap yang jumlahnya mencapai beberapa ratus butir telur. Ikan badut jantan akan menjaga telur-telur tersebut sampai menetas, 4 atau 5 hari kemudian.
  9. Predator ikan badut. Ternyata ikan badut banyak juga predatornya yaitu ikan pari, hiu, belut dan ikan besar lainnya. Dan sejak adanya film finding Nemo, predator ikan badut bertambah lagi yaitu manusia. Memang sih sebelum ada film finding nemo, para manusia sudah berusaha menangkap ikan badut namun setelah adanya film finding Nemo, ikan badut ini menjadi favorit pecinta ikan hias di seluruh dunia.

Demikianlah 9 Fakta Menarik Tentang Ikan Badut  atau Clownfish Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.