9 Kandungan Nutrisi Buah Naga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Posted on

9 Kandungan Nutrisi Buah Naga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil. Hamil merupakan salah satu fase hidup yang ditunggu hampir setiap perempuan. Rasanya menyenangkan setiap kali ingat ada makhluk kecil yang sedang tertidur nyenyak di dalam perut kita. Umumnya seorang ibu mengandung, kita pun menantikan kehadirannya dengan hati berdebar-debar, harap-harap cemas, tapi juga bercampur rindu. Terlebih jika yang sedang kita kandung adalah anak pertama. Segala sesuatunya seakan dicurahkan untuk sang calon buah hati.

Buah Naga
Buah Naga

Salah satu hal yang paling sering ditekankan kepada para wanita hamil adalah asupan makanannya. Makan untuk berdua, adalah alasan yang paling sering dipakai orang-orang ketika menasihati wanita hamil agar mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, susu, dan sebagainya.

Nah, salah satu sumber makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi para calon bunda yang tengah menanti kelahiran sang buah hati adalah buah naga. Ya, buah dengan nama latin Hylocereus  ini  memiliki 9 Kandungan Nutrisi Buah Naga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil, di antaranya:

  1. Vitamin C

Menurut pakar kesehatan, buah naga mengandung vitamin C dalam konsentrasi yang cukup tinggi yang sangat baik untuk ibu hamil. Nah, vitamin C inilah yang berperan dalam pembentukan tulang, gusi, serta gigi si bayi dalam kandungan.

  1. Karbohidrat

Tiap 100 gram buah naga terkandung sekitar 9 sampai 14 gram zat karbohidrat. Ahli selalu menyarankan para ibu hamil untuk rutin mengasup buah naga, sebab kandungan karbohidrat dalam buah berkulit merah ini sangat besar peranannya dalam membantu perkembangan janin.

  1. Kaya Serat

Konstipasi atau kesulitan buang air besar merupakan masalah yang paling sering dihadapi para wanita hamil. Biasanya, konstipasi terjadi karena kurangnya asupan serat yang masuk ke tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan serat selama masa kehamilan, cobalah dengan rutin mengonsumsi buah naga. Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini sangat baik manfaatnya untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Zat Besi

Zat besi merupakan komponen utama penyusun sel darah merah dalam tubuh. Kurang zat besi akan membuat kita menjadi terlihat lemas dan lesu. Nah, kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam buah naga ini diketahui sangat besar manfaatnya dalam pembentukan sel darah merah, terutama pada wanita hamil. Sel darah merah inilah yang bertugas memasok oksigen yang sangat dibutuhkan janin dalam kandungan untuk berkembang.

  1. Asam Folat

Selain vitamin C dan zat besi, buah naga juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk wanita hamil. Asam folat ini sendiri berperan dalam produksi sel darah merah serta mencegah kerusakan syaraf pada bayi baru lahir.

  1. Vitamin B1

Janin dalam kandungan memerlukan asupan bergizi untuk tetap tumbuh dan berkembang. Salah satu sumber makanan yang tidak boleh dilewatkan para calon ibu adalah buah naga. Ya, buah yang dalam bahasa asing sering disebut dragon fruit ini memang mengandung segudang nutrisi yang penting untuk perkembangan bayi dalam rahim, salah satunya adalah vitamin B1.

  1. Antioksidan

Antioksidan yang tinggi dalam buah naga ini sangat besar manfaatnya dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh selama kehamilan. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam menguatkan sistem imun tubuh, merangsang produksi kolagen selama kehamilan, serta mencegah beragam masalah pada gusi dan persendian.

  1. Kalsium

Selama masa kehamilan, wanita memerlukan asupan kalsium dalam jumlah yang banyak. Kalsium ini memang snagat diperlukan tidak hanya untuk calon ibu, tapi juga untuk janin dalam kandungan. Asupan kalsium yang cukup ini sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang, gigi, serta gusi pada bayi.

  1. Phyctochemical

Phyctochemical merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat besar manfaatnya dalam mencegah terjadinya infeksi selama kehamilan. Nah, Phyctochemical ini bisa ditemui dengan mudah pada buah naga. Senyawa ini bekerja dengan menguatkan sistem imun dalam tubuh dan melawan infeksi.

Demikian 9 Kandungan Nutrisi Buah Naga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil.

Untuk  Bunda, jangan ragu lagi mengonsumsi buah lezat yang satu ini ya karena kandungannya benar-benar bermanfaat.