Bagaimana Cara Supaya Web atau Blog di lihat dan di datangi orang?

Posted on

Bagaimana Cara Supaya Web atau Blog di lihat dan di datangi orang? Tulisan ini adalah jawaban untuk pertanyaan tersebut. Banyak pemula yang baru menjadi blogger yang merasa bingung bahkan putus asa karena blog atau web yang dia bangun tidak ada atau sedikit di lihat dan dikunjungi orang walaupun web atau blog tersebut sudah banyak artikelnya.

Cara Supaya Web atau Blog di lihat dan di datangi orang
Cara Supaya Web atau Blog di lihat dan di datangi orang

Jawaban bagaimana supaya web atau blog di lihat atau dikunjungi memang tidak simple karena banyak faktor yang mempengaruhi ramai atau tidaknya suatu blog atau website. Akan saya beberkan beberapa faktor menurut pengalaman saya pribadi kenapa suatu website atau blog itu sepi dan tidak di lihat orang.

  1. Terlalu Idealis

Blog yang idealis ini biasanya ada pada blog-blog pribadi. Blog pribadi ini biasanya menceritakan pengalaman pribadi si pemilik website atau blog. Mayoritas blog-blog pribadi isinya tidak menarik sehingga orang-orang malas untuk membaca. Kecuali jika Anda seorang selebriti atau artis atau orang terkenal dan blog Anda sudah di kenal oleh follower Anda, maka orang-orang akan dengan senang hati membaca artikel di blog pribadi Anda, namun jika Anda bukan siapa-siapa 99 persen akan di tinggalkan oleh viewer yang datang dan mereka akan otomatis akan memblaclist blog Anda.

Jika blog atau website Anda lucu dan menarik dan memberi sesuatu yang baru atau berguna bagi orang yang datang, maka lain kali mereka akan datang lagi dan bisa jadi mengajak orang lain dan menshare blog atau website Anda tersebut karena dianggap berguna.

  1. Artikel Pendek-Pendek

Blog yang jarang di datangi oleh orang biasanya adalah blog atau website yang memiliki artikel pendek-pendek dan tidak bermutu. Blogger pemula seringkali merasa susah jika untuk membuat artikel yang panjang lebar dan menarik. Jika Anda mau membuat artikel yang menarik silahkan baca artikel ini. Artikel pendek-pendek memang mudah untuk di baca namun seringkali tidak menarik. Artikel pendek bukan hanya tidak disukai oleh orang tapi juga tidak disukai oleh google. Secara umum artikel yang standar minimal 300 kata. Semakin panjang artikel semakin baik tapi sudah tentu artikel tersebut harus menarik dan ramah SEO.

 

  1. Artikel Tidak Berguna

Artikel yang tidak berguna ini sangat berkaitan dengan point nomor 1 diatas.  Artikel yang idealis biasanya tidak berguna. Orang berselancar di google dan internet biasanya hanya untuk mencari jawaban dari permasalahannya. ItU Artinya jika artikel yang ada di blog atau website tidak memberi jawaban dan tidak berguna bagi orang-orang yang datang, otomatis orang-orang tidak akan datang ke blog tersebut dan juga google tidak akan merekomendasikan blog-blog atau website yang tidak berguna atau tidak relevan dengan kata kunci yang di ketikkan oleh orang yang mencari jawaban tersebut.

  1. Artikel Tidak Ramah SEO

Kebanyakn blogger pemula tidak  memperhatikan kaidah SEO (Search Engine Optimization) sehingga artikelnya susah untuk tampil di halaman satu google. Mungkin artikel Anda sudah panjang namun kata kunci yang di bidik tidak jelas, jadinya artikel Anda entah berada di urutan berapa atau di halaman berapa google. Mayoritas orang mengklik atau mengunjungi website yang berada di halaman pertama google khususnya nomor satu sampai tiga.

Silahkan Anda cari di google bagaimana cara membuat artikel yang sesuai dengan kaidah SEO.

Yang paling gampang atau sederhana dalam membuat artikel yang sesuai kaidah SEO, judulnya harus mengikuti saran dari google seperti gambar di bawah ini.

Cara Supaya Web atau Blog di lihat1
Cara Supaya Web atau Blog di lihat1

 

Cara Supaya Web atau Blog di lihat2
Cara Supaya Web atau Blog di lihat2

Atau bila Anda mengetikkan kata kunci, biasanya di bagian bawah halaman google ada search related yaitu kata kunci kata kunci yang sering di cari oleh orang.

Cara Supaya Web atau Blog di lihat3
Cara Supaya Web atau Blog di lihat3

 

Jadikan kata kunci tersebut sebagai judul dan kata kunci pada artikel Anda. Setelah menggunakan kata kunci yang di sarankan oleh  google atau yang berhubungan, atau yang banyak di cari di google, pada paragraph pertama gunakan kata kunci yang Anda bidik dan ulang (kalau bisa) sebanyak tiga kali secara natural. Ingat natural jadi tidak terkesan di paksakan. Dan selanjutnya cukup sekali Anda pakai kata kunci yang Anda bidik pada paragraph-paragrap selanjutnya. Contoh artikel yang saya ganti judulnya sesuai kaidah diatas adalah Pengalaman Mengamalkan Ayat Kursi dan Alhamdulillah banyak pengunjug blog yang datang dengan kata kunci tersebut.

  1. Tidak Ada SEO Off Page

Pada point 4 SEO pada artikel disebut juga SEO On Page, sedangkan SEO Off Page adalah backlink. Seringkali blog atau website dengan artikel yang tidak bermutu sekalipun bisa tampil di halaman pertama dan mendatangkan banyak orang atau pengujung karena backlinknya banyak dan kuat. Google memang sudah banyak update untuk masalah pencarian seakan SEO tidak berguna atau tidak berarti namun pada kenyataannya banyak website atau blog yang tidak bisa tampil di halaman depan walaupun artikelnya sudah ramah SEO dan panjang, karena tidak ada atau lemah backlinknya.

Backlink artinya adalah ada link website atau blog atau URL yang menuju ke blog atau website kita dari blog atau website orang lain. Silahkan belajar cara membacklink blog atau belajarlah SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE lebih dalam lagi. Di dunia online sama juga dengan dunia off line atau dunia nyata. Jika kita bukan siapa-siapa sudah pasti blog kita juga tidak akan di kenal orang.

  1. Tidak Submit Artikel Ke Mesin Pencari Google

Setelah melakukan posting artikel sebaiknya kita mensubmit artikel kita ke mesin pencari khususnya google supaya artikel tersebut terindex di google. Setelah terindex oleh google maka artikel yang di posting tersebut akan muncul di halaman google ( jika beruntung muncul di halaman pertama).

Sebenarnya tidak submit ke google pun artikel yang ada di blog atau website akan di index oleh google namun membutuhkan waktu yang lama bisa berhari-hari. Sedangkan kalau kita submit ke google maka dalam waktu yang terlalu lama artikel tersebut akan di indeks oleh google. Oh ya untuk tahu bagaimana cara mensubmit artikel di google silahkan ketik cara submit artikel di google, nanti ada banyak tutorialnya dari banyak blog lain.

  1. Kurang Promosi

Jika semua kaidah diatas sudah di penuhi namun masih sepi juga dan tidak juga di lihat orang, bisa jadi blog atau website Anda kurang promosi. Ya silahkan promosikan blog atau website Anda di media social misalnya twitter atau facebook. Jangan lupa juga bikin fans pagenya di Facebook dan selalu update status di Fans Page blog Anda. Media social saat ini adalah jalan pintas untuk memperkenalkan blog atau website Anda. Jika blog atau website Anda menarik dan berguna bagi orang-orang, saya yakin dalam waktu yang tidak terlalu lama akan banyak pengunjungnya.

Oh ya jangan lupa, Anda juga bisa menshare blog atau website Anda lewat whatsapp. Silahkan kirim ke group whatsapp dan pastikan semua yang Anda share menarik dan berguna untuk orang lain.

Itulah artikel cara supaya web atau blog dilihat banyak orang. Walaupun Anda baru di dunia blogger atau newbie, jangan khawatir jika Anda terus menulis artikel yang menarik dan berguna untuk orang lain, saya yakin lama-kelamaan blog Anda akan ramai nantinya. Kalau blog atau website baru sebulan dua bulan tapi belum ramai pengujung, santai saja. Jika Anda ingat 7 point diatas, saya yakin blog Anda akan ramai. Tenang Bro, website saya juga pernah mengalami fase dimana tidak ada pengjunjung.