Benarkah Ini karena Di Colek Setan?

Benarkah Ini karena Di Colek Setan?

jalasenastri.com – Mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri atau melihat tiba-tiba muncul lebam-lebam di kulit dan beberapa bagian tubuh lainnya padahal tidak terbentur atau terkena benda keras lainnya. Orang-orang jaman dahulu bahkan jaman sekarang masih berpikiran bahwa hal tersebut terjadi karena perbuatan setan, jin jahat, genderuwo penunggu rumah kosong dan sebagainya.

Benarkah biru lebam-lebam yang muncul tiba-tiba tersebut karena perbuatan makhluk halus yang jahat? Jawabannya adalah tidak atau bukan. Hal ini bisa diterangkan secara ilmiah dari segi kesehatan.

Kondisi tubuh memar lebam-lebam ini dalam dunia medis dikenal dengan sebutan purpura simplex. Yaitu keadaan yang terjadi karena ada penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah, yang memang bisa tiba-tiba hadir di kulit dan tidak disertai rasa sakit.

Jika Anda mengalami hal ini, janganĀ  khawatir sebab biasanya purpura simplex tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu tanpa perlu diobati dan disebutkan tidak juga berkaitan dengan penyakit lainnya.

Purpura Simplex
Purpura Simplex

Dilihat secara medisĀ  penyebab pupura simplex ini terjadi karena penggumpalan darah yang datang dari berbagai faktor. Misalnya stres, kelelahan, proses penuaan yang mana semakin bertambahnya usia maka kulit pun mengalami penuaan sehingga lapisan kulit paling atas jadi terlihat lebih tipis dan pucat, serta rapuhnya pembuluh darah di dermis.

Penyebab lainnya, juga dikarenakan tubuh kekurangan vitamin, terlebih vitamin B12, vitamin K, dan vitamin C. Mengapa? karena vitamin berperan sangat penting dalam produksi darah, menutup luka, dan menyembuhkan luka, jika mengalami kekurangan vitamin secara berkesinambungan maka membuat pembuluh darah lemah dan bocor yang akhirnya memar biru-biru lebih mudah muncul dan lebih jelas terlihat mata.

Nah sekarang jelas bukan? Ternyata apa yang selama ini kita yakini turun temurun ternyata salah. Ternyata lebam-lebam yang muncul tiba-tiba di beberapa bagian tubuh ternyata tidak ada hubungannya dengan jin atau hantu penunggu rumah kosong. Ternyata hal mistik yang kita percayai selama ini terjadi karena kekurang tahuan dan kekurangan ilmu pengetahun yang diturunkan oleh orang-orang tua kita.

Semoga bermanfaat.