Cara Efektif Zikir Asmaul Husna

Cara Efektif Zikir Asmaul Husna

Zikir asmaul husna sebenarnya adalah zikir yang sangat efektif jika dibanding dengan zikir lainnya karena kesimpelannya. Sebenarnya semua zikir mempunyai tujuan yang sama yaitu mendekatkan diri dengan Allah dan menyadari siapa sebenarnya manusia itu.

Zikir yang efektif juga yang saya maksud disini adalah zikir yang khusuk. Zikir yang bisa menghantarkan dir pada zikir akbar yaitu shalat sehingga shalat menjadi khusuk. Sesungguhnya orang yang khusuk shalatnya saya yakin pasti khusuk juga shalat dan kehidupannya. Orang yang khusuk akan selalu sukses karena apa yang ia kerjakan pasti bersunguh-sungguh.

Ada banyak teori dan cara yang bisa anda tanyakan pada kyai, ustad atau ulama dan juga mbah google namun yang saya tulis ini adalah versi saya dan semoga bermanfaat untuk anda.

Pertama supaya zikir anda khusuk

adalah bersihkan diri dan wudhu sebelum zikir dan mengenakan pakaian yang bersih dan di tempat yang bersih sehingga proses zikir nanti tidak terganggu oleh bau atau hal-hal yang mempengaruhi panca indra.

Kedua, duduk yang tegak lurus namun relaks. Ambil posisi yang paling enak. Posisi enak bagi seseorang belum tentu enak bagi orang lain. Jadi terserah mau posisi apa. Saya tidak menyarankan zikir dalam keadaan tiduran karena kalau dalam keadaan tiduran akan sangat mudah kehilangan kesadaran dan tertidur lelap.

Ketiga, baca asmaul husna yang mana saja yang anda suka. Saya menyarankan untuk zikir hati karena bagi saya zikir hati sangat efektif, tapi kalau anda mau zikir jahar boleh saja yang penting khusuk. Zikir hati lebih efektif karena bukan hati saja yang berzikir tapi juga seluruh tubuh, seluruh pori-pori.

Keempat, atur napas. Maksudnya nafas disini disesuaikan dengan irama zikir. Tidak usah menahan napas karena zikir disni zikir yang berusaha menghayati asma Allah semata dan menambah ketauhidan bukan untuk mencari tenaga dalam. Pertanyaannya kenapa tidak sekalian sambil menghasilkan tenaga dalam sehingga bisa ikut pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui? Zikir yang benar adalah zikir yang menambah ketauhidan dan keimanan bukan menambah tenaga dalam karena tenaga dalam itu tidak penting (tauhid nomor satu).

Kelima, letakkanlah atau tempelkanlah lidah di langit-langit mulut. Fungsinya supaya menahan lidah tidak bergerak karena ini adalah zikir hati. Mungkin bagi iorang yang sedang menghimpun tenaga dalam lidah ini sebagai perantara atau jalan energi dari atas kebawah dan sebagainya.

Keenam, teriakanlah asmaul husna didalam hati sekeras-kerasnya dan sepanjang-panjangnya. Bukan hanya dalam hati tapi juga diseluruh tubuh bahkan pori-pori dan sel-sel disuruh ikut berteriak menyebut nama Allah.

Ketujuh, Terus berzikir dan dan hayati maknanya. Dalam keadaan ini Allah nomor satu dan selain itu nomor dua jadi lupakanlah selain Allah. Kosongkan diri dari selain Allah dan isi dengan kehadiran Allah SWT.

Kedelapan, Rasakan bahwa Allah itu sangat dekat, lebih dekat dari urat leher. Kalau tidak bisa rasakan kalau Allah itu ada didepan kita dan kita hanya berdua dengan Allah.

Kesembilan, Iklas dan berserah diri sepenuhnya. Iklas disini jangan menghitung berapa jumlah asmaul husna yang kita zikirkan dan berapa lama kita berzikir. Serahkan diri sepenuhnya pada Allah. Serahkan semua jiwa raga kita, semua harta kita, semua kesehatan kita, semua permasalahan kita, semua yang kita punya. Jika kita tidak mau menyerahkan apa yang kita punya karena Allah takut mengambilnya maka zikirnya tidak akan khusuk dan keimanan kita tidak akan pernah bertambah. Jika dalam zikir kita gatal atau dikerubuti nyamuk disekujur tubuh, itu juga diiklaskan. Bila kita iklas maka gigitan nyamuk itu tidak akan terasa dan tidak akan menjadi penyakit. Awalnya di gigit nyamuk memang gatal namun pada akhirnya bila kita iklas makan tidak akan terasa. Coba saja. Orang yang iklas zikirnya pasti akan merasa sejuk, nikmat tak terkira. Jika anda tidak merasakan hal tersebut berarti anda belum iklas dan belum khusuk. Dalam hal ini juga rasa kesemutan. Biasanya bila agak lama maka kaki akan kesemutan namun kalau kita nikmati rasa kesemutan tersebut makan lama kelamaan akan hilang dan berganti menjadi tubuh yang terasa enteng. Coba saja.

Kesepuluh, bila dalam zikir anda melihat sesuatu apa saja termasuk yang aneh-aneh tidak usah berprasangka buruk atau takut dan tidak usah dipikirkan. Terus saja zikir dengan tujuan Allah.

Ada sebagian orang yang ketika zikir takut kesurupan, mengapa bisa terjadi? Itu Pertama karena prasangka buruk dan iman yang tipis. Semakin anda beriman, takut akan kesurupan atau didatangi oleh jin setan tidak akan ada lagi. Lebih baik bila anda zikir dengan adanya seorang pembimbing.

Sebenarnya masih panjang lebar yang akan saya tulis namun saya cukupkan saja. Bila ingin lebih jelas datang saja ke Majelis Zikir Tawakal Depok. Alamatnya Jl. Gede Raya No. 17 Depok Timur. Telp. 021 771 8878. Gratis tis, tidak ada biaya pendaftaran atau apapun.

Bila anda punya masalah apa saja, Majelis Zikir Tawakal Insya Allah jalan yang tepat.  Allah Nomor Satu Problem Nomor Dua.