Cara Membuat Artikel Yang Menarik Di Blog

Posted on

Cara Membuat Artikel Yang Menarik Di Blog

Kebanyakan blogger pemula sangat kesulitan bagaimana cara untuk membuat artikel yang menarik di blog, sehingga seringkali apa yang mereka tulis menjadi sia-sia karena artikel di blog mereka ternyata susah untuk mendatangkan visitor dan susah untuk tampil di halaman satu google. Jelas saja itu terjadi karena kebanyakan blogger pemula tidak memahami bagaimana cara membuat artikel yang menarik di blog sehingga para visitor senang untuk berlama-lama di blog mereka.

Cara Membuat Artikel Yang Menarik Di Blog
Cara Membuat Artikel Yang Menarik Di Blog

Cara membuat artikel yang menarik di blog sebenar tidak susah atau gampang asal tahu kaidah dasar dalam penulisan artikel yang menarik. Memang sih kadang kala walaupun artikel kita menarik namun seringkali tidak mampu menembus halaman satu google namun yang penting dari sebuah blog adalah konten yang menarik sehingga ada kemungkinan para visitor akan kembali ke blog karena blog tersebut dianggap menarik. Berikut ini adalah cara membuat artikel yang menarik di blog sehingga para visitor akan ketagihan datang kembali ke blog kita.

 

  1. Pengalaman Pribadi

Artikel pengalaman pribadi akan sangat menarik apalagi pengalaman pribadi kita unik dan menarik. Walaupun kita tidak tahu bagaimana kaidah cara penulisan artikel yang sesuai SEO (search Engine Optimisation) ada kemungkinan artikel kita akan tembus halaman satu. Kalaupun artikel kita tidak tembus di halaman satu minimal akan diingat oleh para pembaca atau visitor blog kita. Akan terlihat jelas bagaimana artikel yang dangkal dan artikel yang dalam, semua karena pengalaman pribadi si penulis. Misalnya, bila Anda membuat blog tentang tutorial bagaimana sukses menjadi blogger atau bagaimana mendapatkan uang dari youtube, akan terlihat dengan nyata mana penulis artikel yang sudah benar-benar praktek dan mana yang hasil comot sana comot sini.

Artikel yang berdasarkan pengalaman pribadi akan sangat menarik dan dinanti kelanjutannya. Apalagi kalau penulis tersebut benar-benar sukses setelah jatuh bangun dan menawarkan hal atau tips yang baru sehingga para visitor bisa menghindar dari kegagalan.

 

  1. Mengandung Sesuatu Yang Baru

Masih berhubungnan dengan nomor satu, sesuatu yang baru seringkali sangat menarik dan dinantikan oleh para visitor sehingga para visitor mau kembali mengunjungi blog kita. Misalkan pada artikel sebelumnya, penulis menjanjikan perkembangan proses monetisasi chanel atau blog suatu blog, sudah pasti para visitor akan datang untuk membaca artikel terbaru untuk mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan proses monetisasi chanel youtube si penulis. Semakin besar hasil monetisasi chanel dan semakin terbuka bagaimana cara dan tips monetisasi akan semakin senang para visitor.

Sesuatu yang baru bisa juga sesuatu yang belum pernah dialami oleh para visitor dan bisa jadi para visitor di bawa ke dunia yang lain yang bisa menambah wawasan dan keyakinan visitor. Sebagai contoh Pengalaman Mengamalkan Ya Fattah Ya Razzaq adalah pengalaman pribadi penulis.

 

  1. Jawaban Dari Permasalahan Pembaca

Para visitor blog seringkali mengunjungi blog seseorang untuk mencari jawaban dari permasalahan yang sedang mereka alami. Misalkan seseorang yang sedang mengalami krisis keyakinan dalam mencari rejeki dan tidak tahu harus berdoa dengan cara apa, atau mau mengamalkan asmaul husna namun tidak tahu caranya, maka setelah membaca artikel Pengalaman Mengamalkan Ya Fattah Ya Razzaq dari saudara Yitno Yuw akan menjadi yakin, atau bisa juga membaca Cara Efektif Mengamalkan Asmaul Husna.

Contoh gampang seorang visitor mencari jawaban dari permasalahan adalah ketika seseorang ingin memasak suatu masakan maka dia akan mencari artikel memasak yang terbaik baginya. Ketika suatu artikel di tulis panjang lebar namun tidak bisa memberi jawaban dan tidak membawa manfaat bagi para visitor blog maka artikel tersebut akan disamakan dengan artikel sampah.

  1. Bahasa Yang Komunikatif

Artikel yang baik bukanlah artikel yang penuh dengan kata-kata puitis atau kata-kata yang tinggi sehingga sulit dimengerti oleh para visitor. Sebaiknya artikel menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif. Komunikatif disini seperti orang sedang berbicara dengan orang yang membaca. Tidak usah terlalu memperhatikan tata bahasa, intinya enak di baca dan orang yang membaca mengerti apa yang kita tulis. Kata-kata tidak harus baku atau standar, pakai bahasa gaulpun tidak masalah yang penting mudah dimengerti oleh pembaca. Untuk itu perlu diperhatikan segmen pembaca blog kita. Apakah untuk orang umum dari semua kalangan atau orang-orang tertentu saja. Kalau untuk semua kalangan sebaiknya gunakanlah bahasa dan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti, sedangkan kalau artikel dan blog kita untuk para ABG atau orang-orang gaul, bolehlah pakai bahasa gaul.

 

  1. Menghibur

Membuat artikel yang menghibur memang susah karena definisi menghibur kadang luas dan banyak. Menghibur buat suatu kalangan belum tentu menghibur untuk kalangan lain. Untuk itu pakailah bahasa yang sederhana yang mudah dimengerti semua kalangan, namun jika blog kita khusus untuk anak-anak gaul barulah pakai bahasa gaul yang mereka senangi. Untuk memiliki bahasa yang menghibur mungkin ada baiknya Anda belajar dari Raditya Dika atau mereka yang banyak disenangi oleh banyak kalangan. Karena artikel menghibur kadang sangat susah, jadi jangan dipaksakan. Sebab kalau dipaksakan sedangkan penulis artikelnya tidak bisa menulis artikel yang menghibur maka artikel tersebut akan terasa garing atau hambar atau bahkan memuakan pembaca artikel tersebut.

  1. Bukan Artikel Copas

Artikel original memiliki derajat yang tinggi di bandingkan dengan artikel copy paste karena memuat sesuatu yang baru. Artikel copas bukan hanya tidak disukai oleh visitor namun juga tidak disukai oleh google sendiri sehingga artikel copas kadang kala susah untuk tampil dihalaman satu google. Jika bisa tampil di halaman satu google pun riskan jika di klaim oleh pemilik artikel yang sebenarnya dan bisa di hapus dari google.

 

Jika Anda bisa memenuhi 6 cara membuat artikel yang menarik di blog seperti diatas maka artikel yang menarik di blog akan segera menghiasi blog Anda. Seringkali walaupun orang sudah bisa menulis artikel yang baik namun seringkali mereka mengalami deadlock atau macet dalam menulis. Saran saya untuk mengatasi deadlock tersebut adalah banyak-banyaklah membaca blog-blog lain khususnya blog-blog yang bermutu sehingga wawasan Anda menjadi luas bahkan seringkali mendapat ide tulisan terbaru dan menarik.

Postingan dengan viewer tertinggi dari jalasenastri.com ini  kebanyakan dari pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain atau narasumber yang ditulis ulang.

Oh ya jangan lupa belajar juga cara menulis artikel yang memenuhi kaidah SEO atau SEO ON PAGE sehingga ada kemungkin artikel yang kita tulis bisa nongkrong di halaman satu. Sejujurnya kebanyakan artikel saya juga tidak sesuai SEO ON PAGE karena seringkali menulis dengan lancar lebih penting daripada memikirkan SEO ON PAGE (idealis dan masabodo). Mudahnya menulis artikel sesuai SEO ONPAGE adalah mengulang kata kunci yang kita bidik sampai tiga kali secara natural di paragraph pertama dan sebisa mungkin menyebutnya kembali di paragraph selanjutnya cukup satu kali.

Sebenarnya SEO ONPAGE tidak cukup kalau tidak di imbangi dengan SEO OFF PAGE. Jadi kalau kita hanya mengandalkan SEO ON PAGE kadang seperti untung-untungan kalau artikel kita bisa tampil di halaman satu google.

Sekali lagi jika Anda bisa memenuhi 6 point diatas maka Anda sudah bisa membuat artikel yang menarik di blog Anda.

Selamat mencoba.