Cara Membuat Video Konten Youtube Seperti On The Spot, Calon Sarjana dan YT Crash dari A Sampai Z

Posted on

Cara Membuat Konten Youtube Seperti On The Spot, Calon Sarjana dan YT Crash dari A Sampai Z

Menjadi  youtuber terkenal dan berpenghasilan tinggi sekarang ini sudah menjadi impian banyak orang. Bahkan anak-anak kecilpun sudah banyak yang mau jadi youtuber. Pada kenyataannya tidak mudah untuk menjadi youtuber atau membuat video konten youtube yang menarik seperti on the spot, calon sarjana dan yt crash. Kalau untuk shooting sendiri juga butuh partner karena tidak mungkin membuat video shooting sendirian, maka membuat video model on the spot dan calon sarjana adalah alternatif mudah dan murah. Setelah mencoba ternyata membuat video model on the spot dan calon sarjana ternyata cukup rumit juga walaupun tidak perlu shooting dan bisa di kerjakan cukup dari kamar.

Cara Membuat Konten Youtube
Cara Membuat Konten Youtube

Cara membuat video konten youtube seperti on the spot dan calon sarjana dan yt crash sebenarnya mudah, hanya butuh ketekunan disamping kuatin kuota dan referensi video. Berikut ini cara membuat video konten youtube seperti on the spot, calon sarjana dan yt crash versi saya dan menurut pengalaman saya pribadi.

 

  1. Tentukan Tema, Judul Video Dan Script

Untuk membuat video tidak mungkin kalau kita tidak tahu dan tidak ada judulnya. Tanpa tema dan judul video maka kita seperti orang yang bingung atau tidak jelas. Kita tidak tahu video apa yang akan kita buat. Kalau kita tidak tahu video yang kita maka tidak mungkin ada hasil berupa video. Setelah kita menentukan tema judul dan script video kita maka tahap selajutnya akan mudah di lakukan misalnya mengumpulkan video dan gambar sesuai tema dan judul, dan membuat script narasi yang baik.

 

  1. Video Editor

Pertama  Anda harus punya video editor entah itu Windows Movie Maker, Camtasia, Corel  Video Studio, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas atau magix vegas, Pinnacle Studio dan masih banyak lagi lainnya. Video editor tersebut untuk PC dan Laptop windows. Jika Anda tidak punya PC atau laptop, Anda bisa menggunakan hape Android Anda dengan menggunakan video editor khusus Android, misalnya Kinemaster dan sebagainya.

Kebanyakan youtuber pemula merasa bingung memilih mana video editor yang baik dan cocok untuk mereka, apalagi setelah banyak referensi kalau video editor ini lebih baik dari yang lain tapi yang lain ngomong sebaliknya.  Karya apapun di dunia, termasuk video, indah dan baiknya bukan di tentukan oleh alatnya tapi siapa yang memakai alat tersebut. Jika Anda benar-benar kompeten dengan satu video edior saya yakin video Anda akan lebih baik dari video bikinan orang yang menggunakan video editor canggih namun amatiran. Jadi jadikan Anda benar-benar lihai atau skillnya bisa mencapai tingkat dewa sehingga bisa menghasilkan video yang bagus.

 

Saya sendiri tanpa sengaja belajar video slideshow dengan menggunakan Windows Movie Maker dan kemudian belajar Pinnacle Studio 18. Setelah membaca percakapan di group youtube banyak yang menyarankan memakain Magix Vegas atau Vegas Pro. Saya akhirnya belajar Vegas Pro 13 dan memang lebih mudah dari Pinnacle Studio namun saya melihat beberapa kekurangan dari Vegas Pro dan akhirnya sampai sekarang lebih nyaman dengan Pinnacle Studio yang hampir saya ketahui sampai pojok-pojoknya.

Sekali lagi jangan termakan kata-kata orang lain, video editor yang benar-benar Anda kuasai akan menghasilkan karya yang lebih baik dan lebih nyaman dalam pengerjaannya dari pada menggunakan video editor yang katanya lebih baik tapi Anda sendiri tidak benar-benar menguasai.

Kalau Anda ingin belajar video editing dengan menggunakan macam-macam video editor itu sih boleh-boleh saja untuk menambah pengalaman. Namun saran saya gunakan saja satu yang benar-benar Anda kuasai.

Jika Anda belum mampu membeli yang original, di internet banyak bertebaran video editor yang bisa Anda download dan Anda manfaatkan.

 

3.   Sumber Video Dan Gambar

Untuk membuat video konten youtube seperti On The Spot, Calon Sarjana dan Yt Crash diperlukan banyak video dan foto sehingga video yang Anda buat menjadi lebih hidup. Untuk sumber video biasanya saya mencari video creative commons di youtube untuk menghindari  masalah hak cipta. Bila tidak ada video berhak ciptapun tidak masalah yang penting tidak terlalu panjang dalam menggunakannya. Lihat saja On The Spot, Calon Sarjana dan Yt Crash, mereka seringkali menggabung-gabungkan scene-scene dari sebuah film atau video berhak cipta namun mereka tetap aman-aman saja karena mereka mengambil video beberapa detik saja dan di potong-potong.

Untuk sumber video lainnya silahkan saja cari sumber video yang free karena saya pribadi sudah cukup ngambil dari youtube.

Seringkali di youtube tidak ada video yang sesuai narasi sehingga video tersebut di ganti dengan gambar. Untuk gambar, Anda bisa mencari di google atau di website penyedia free gambar. Saya sendiri seringkali menggunakan gambar yang saya ambil dari live bigo dan semacamnya, khususnya live Bigo dari luar negeri. Saya tidak mau menggunakan gambar dari live Bigo Dalam Negeri karena kemungkinan gampang di tegur oleh pemilik gambarnya, tapi kalau gambarnya dari luar kan mungkin agak ribet dan bebas. Untuk mengamankan gambar yang kita gunakan sebagai slideshow video supaya tidak terlalu ketara atau terlalu menyolok, Anda bisa memberi efek gambar tersebut sehingga terlihat baru.

 

4.   Narasi

Narasi yang baik untuk video sangat menentukan. Misalkan video on the spot, calon sarjana dan yt crash tanpa ada narasinya bisa Anda bayangkan sendiri. Video mereka seperti video bisu yang tidak jelas menggambarkan apa dan maksud dan tujuannya apa. Makanya narasi itu sangat penting. Untuk mengisi narasi saya pribadi cukup dengan menggunakan hape android dan aplikasi perekam suara. Jika Anda memiliki studio sendiri itu lebih baik apalagi didukung dengan peralatan tempur yang lengkap dan modern, namun jika Anda pemula dan terbatas budget atau modalnya, cukup menggunakan hape android untuk merekam suara. Yang penting pastikan dalam merekam suara suara di sekeliling dalam keadaa sepi atau tanpa gangguan sehingga hasilnya bisa maksimal.

Saya sendiri menggunakan HI-Q MP3 RECORDER untuk membuat narasi suara. Oh ya saya sarankan menggunakan yang berbayar ya supaya waktu rekamannya tak terbatas. Kalau HI-Q MP3 RECORDER yang gratisan paling lama waktu rekamannya 10 menit dan fiturnya terbatas. Yang pro juga murah kok.

Jangan under estimate dengan suara sendiri Anda sendiri. Para pengisi Calon Sarjana dan Yt Crash memangnya suaranya bagus? Tidak Bro. Cuma mereka percaya diri. Yang penting artikulasi jelas dan bisa dimengerti saja itu cukup, dan terus tingkatkan supaya suara Anda lebih bagus lancar. Oh youtuber kemarin yang resign juga suaradan atitudenya nggak ada bagus-bagusnya tapi yang bisa terkenal juga. Pokoknya jangan malu-malu dengan suara Anda sendiri.

Bila Anda belum sempat rekaman atau tidak ada waktu, Anda bisa menggunakan Text To Speech di hape Android Anda. Anda bisa mengubah tulisan artikel Anda menjadi suara. Ada banyak pilihan di Text To Speech silahkan Anda ulik sendiri dan pilih mana yang terbaik menurut Anda. Dan semua aplikasi tersebut gratis lagi.

Jika Anda tidak memiliki hape Android dan mau membuat narasi, Anda bisa menggunakan software balabolka. Tapi balabolka kalau di laptos saya tidak bekerja, hanya bekerja di note book.

Masih ada pilihan lagi untuk membuat narasi untuk video konten youtube Anda yaitu membayar orang lain untuk membuat narasi. Cari saja Anak-Anak sekolah atau para pengangguran untuk mengisi suara Anda.

Oh ya, sudah pasti audio narasi khususnya dari hasil rekaman pasti akan banyak sekali salahnya dan Anda bisa mengeditnya di Pinnacle Studio Anda atau video editor Anda, atau bisa juga di edit di hape android Anda. Banyak sekali audio editor di play store yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan selera Anda.

 

5.   Proses Editing

Proses editing ini adalah proses yang sangat menentukan baik buruknya video Anda nanti. Untuk menghasilkan video Konten Youtube Seperti On The Spot, Calon Sarjana dan YT Crash butuh ketekunan dan ketelitian yang sangat. Pokoknya harus benar-benar sabar, apalagi bagi para pemula. Untuk Anda yang sudah menguasai video editor skill dewa saya yakin satu hari bisa menghasil minimal satu video Konten Youtube Seperti On The Spot, Calon Sarjana dan YT Crash.

Untuk Anda para youtuber pemula yang hanya ingin menghasilkan video tanpa memperhitungkan kualitas, Anda bisa membuat video slideshow dengan narasi dari aplikasi text to speec. Paling lama satu jam juga dapat satu video. Oh ya jangan lupa terus tingkatkan skill editing video Anda supaya kualitas video Anda semakin baik seperti video Konten Youtube Seperti On The Spot, Calon Sarjana dan YT Crash.

 

Rasanya 5 tips cara membuat video Konten Youtube Seperti On The Spot, Calon Sarjana dan YT Crash diatas cukup untuk membuat Anda menyaingi mereka. Cobalah terus berkarya dan jangan asal upload video orang karena yang Anda lakukan hanya akan merugikan diri Anda. Rugi kuota, rugi mental, rugi waktu dan sebagainya. Terus berkarya dan hargai youtuber lain sebagaimana Anda juga ingin di hargai oleh orang lain. Salam Youtuber.