Cara Mengatasi Disk Space Usage Full Di Cpanel Hosting

Posted on

Cara Mengatasi Disk Space Usage Full Di Cpanel Hosting.

Beberapa hari yang lalu tiba-tiba ada notifikasi email yang isinya menyebutkan kalau disk quota capacity atau disk space sudah mencapai kuota sudah penuh dan di suruh untuk menghapus beberapa file supaya kosong dan tidak hang. Ini adalah kejadian yang kedua dimana disk usage website jalasenastri.com penuh. Dua minggu yang lalu hal ini terjadi dan segera saja saya upgrade hosting saya dari 1 Giga menjadi 2 Giga, namun kemarin tiba-tiba saja penuh.

Cara Mengatasi Disk Space Usage Full Di Cpanel Hosting
Cara Mengatasi Disk Space Usage Full Di Cpanel Hosting

Kalau di pikir ya stress karena itu harus mengupgrade hosting lagi padahal artikelnya baru 60 judul. Sebelum meminta bantuan pada pemilik hosting, saya coba cari di google penyebab disk usage quatonya penuh. Kebanyakan mengatakan kalau penyebab disk website penuh adalah karena banyaknya eror log dan error log tersebut harus di hapus. ( Error log merupakan sebuah file yang secara otomatis di buat oleh sistem ketika ada sebuah kesalahan yang dalam suatu system, dan dengan error log ini para webmaster bisa memperbaiki kekurangan website tersebut berdasarkan error log tersebut). Namun ada juga yang menyuruh untuk mencari penyebabnya dulu dengan membuka disk usage di cpanel biar lebih jelasnya.

Ternyata setelah di teliti bukan error lognya normal. Jadi bukan eror log yang menjadi masalah. Setelah di lihat ternyata yang memakan kuota sangat banyak bahkan lebih dari 1,5 Giga adalah cagefs. Apa itu cagefs?

CageFS adalah adalah sangkar yang fungsinya untuk melindungi  cpanel masing-masing user.

CageFS adalah sistem file virtual yang membungkus masing-masing user shared hosting dalam tempat virtual privatnya. Setiap pelanggan akan memiliki CageFS sendiri yang berfungsi penuh, dengan semua file sistem, peralatan, dan lain-lain. Manfaat CageFS ini adalah untuk mencegah hacker bisa masuk ke user lain dalam satu hosting share hosting, sebagai private area sehingga satu user tidak mengganggu dan terganggu oleh user lain, dan sebagai Isolasi terhadap file Konfigurasi Server.

Nah bila yang bermasalah CageFS seperti yang saya alami maka saya tidak bisa bertindak sendiri dan tidak akan pernah bisa karena itu adalah kekuasan pemilik hosting. Jadi saya segera mengontak penyedia hosting dan meminta bantuannya. Dan beberapa jam kemudian beres.

Jadi jika mendadak disk website Anda penuh dan cara mengatasi disk space usage full di cpanel hosting adalah sebagai berikut.

  1. Masuk Cpanel website Anda
  2. Lihat Disk Usage
    Cara Mengatasi Disk Space Usage Full Di Cpanel Hosting 1
    Cara Mengatasi Disk Space Usage Full Di Cpanel Hosting 1

     

    Lihat file apa yang bikin penuh. Jika tidak penting sebaiknya dihapus namun bila ada hal lain yang perlu tindakan pemilik hosting, jangan ragu untuk meminta bantuan pemilik atau penyedia hosting.

Cara Mengatasi Disk Space Usage Full Di Cpanel Hosting 2
Cara Mengatasi Disk Space Usage Full Di Cpanel Hosting 2

 

 

Semoga pengalaman ini bermanfaat buat Anda. Jika mendadap penuh disk website di hosting  Anda sebaiknya ikuti langkah di atas, jangan buru-buru mengupgrade hosting seperti yang saya alami, karena setelah normal ternyata file di hosting saya hanya 300 MB dari 2 Giga. Duh sayang banget bukan? Buang-buang duit.

Semoga bermanfaat.