Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya

Posted on

Sukakah kamu memakan buah pepaya? Buah dengan nama latin Carica Papaya ini memang merupakan salah satu buah yang sering kita konsumsi.

Selain karena rasanya yang manis dan lembut apabila sudah matang, buah yang banyak mengandung vitamin C ini merupakan salah satu buah yang paling mudah didapat dan harganya sangat terjangkau.

cara menghilangkan jerawat, manfaat daun pepaya, jerawat
cara menghilangkan jerawat, manfaat daun pepaya, jerawat

Khasiat daun pepaya untuk sehat dan cantik

Bagaimana dengan daunnya? Pernahkah kamu makan daun pepaya? Memang sih, kebanyakan dari kita tidak suka memakan daun pepaya karena rasanya yang pahit. Padahal bagi sebagian orang daun pepaya justru bisa meningkatkan nafsu makan.

Bahan daun  pepaya juga sudah lama digunakan sebagai bahan herbal alami yang ampuh untuk mencegah dan  mengatasi berbagai penyakit, seperti mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah nyeri hati, gangguan pencernaan, mengatasi nyeri haid,sampai penyakit-penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan enfisema.

Bukan hanya dalam kesehatan, untuk cantik pun ternyata daun pepaya juga bisa turut ambil peran, terutama untuk kecantikan kuilt. Daun pepaya  mengandung lebih dari 50 zat asam amino dan enzim yang sangat baik untuk kulit.

Di antara kebaikan daun pepaya untuk kulit yaitu bisa melembutkan kulit,mencerahkan kulit, melembabkan serta mencegah terjadinya penuaan dini. Daun pepaya juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti infeksi pada kulit, menghilangkan bekas luka, dan mengobati jerawat.

Nah, manfaat terakhir pasti akan sangat bermanfaat untuk kita. Kenapa? Karena di antara banyaknya masalah kulit yang bisa menyerang kulit kita, jerawat adalah masalah yang paling sering terjadi. Hampir tidak ada dari kita yang tidak pernah terserang jerawat kan? Terutama wanita.

Selain pada masa remaja, jerawat biasanya juga selalu muncul sebelum kita menstruasi. Daripada kita sedikit-sedikit gunakan obat-obatan kimia, mending coba perawatan jerawat secara alami yuk. Kali ini kita coba khasiatnya daun pepaya.

Alasan daun pepaya ampuh untuk mengobati jerawat

Kenapa daun  pepaya bisa menghilangkan jerawat? Ternyata di dalam daun kebaya terdapat banyak kandungan  senyawa dan enzim yang baik untuk kulit. Diantaranya, enzim papain, enzim lizozin dan enzim karpain.

Ketiga enzim ini  merupakan enzim yang besifat anti mikroorganisme, atau anti bakteri. Dengan adanya enzim-enzim ini maka pertumbuhan bakteri penyebab jerawat bisa dikendalikan dan dihentikan. Dengan demikian, peradangan pada kulit yang berjerawat bisa berkurang bahkan berhenti.

Setelah itu, enzim lainnya yang bernama enzim khimoprotein akan menghentikan peradangan serta melakukan peregenerasian pada kulit. Dengan demikian, maka jerawat bisa sembuh.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya

Menghilangkan jerawat dengan daun pepaya adalah hal yang mudah, murah, serta bisa kita lakukan di rumah. Cara tersebut adalah dengan menggunakan masker daun pepaya. Waktu yang paling disarankan untuk melakukan perawatan ini adalah di sore hari setelah kita selesai beraktivitas seharian. Jadi kita bisa melakukan perawatan wajah sambil santai melepas lelah .

Berikut cara untuk menghilangkan jerawat dengan daun pepaya.

  1. Siapkan 2 atau 3 helai daun pepaya, bersihkan
  2. Jemur daun beberapa saat sampai sedikit layu
  3. Haluskan daun pepaya tersebut dan tambahkan 1-2 sendok air ( sesuaikan dengan jumlah daun) jangan terlalu kering dan jangan terlalu cair sebab akan susah menempel di wajah
  4. Cuci wajahmu hingga bersih dari debu ataupun make up
  5. Oleskan masker daun pepaya secara merata pada wajah
  6. Diamkan selama 20-30 menit
  7. Rasakan sensasi segar dan dinginnya sambil berbaring, menutup mata dan mendengar musik
  8. Setelah 20-30 menit atau setelah masker mengering, maka bilas dengan air hangat untuk membersihkan masker sampai ke pori-pori
  9. Bilas untuk kedua kalinya dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang sudag bersih.
  10. Lakukan setidaknya 2 kali seminggu.

Nah, cukup mudah dan mudah bukan? Selamat mencoba menghilangkan jerawat Anda dengan daun pepaya.