Cara Menjadi Blogger Sukses Yang Menghasilkan Uang

Posted on

Cara Menjadi Blogger Sukses Yang Menghasilkan Uang

Menjadi blogger saat ini masih tetap menarik apalagi menjadi blogger sukses yang banyak menghasilkan uang walaupun saat ini menjadi youtuber adalah jalan yang lebih mudah untuk mendapatkan uang di banding menjadi seorang blogger. Iming-iming passive income dan melihat pendapatan yang luar biasa dari para blogger sukses seperti Mas Dian Tegal ternyata masih menarik dan masih tetap saja banyak orang yang ingin menjadi sukses dan menghasilkan uang lewat ngeblog.

Menjadi blogger sukses yang menghasilkan uang atau pendapatan bukanlah jalan mudah. Lihat saja persaingan di google saat ini luar biasa banyak. Mungkin ada ribuan atau jutaan blog yang bersaing setiap saat untuk memperebutkan halaman satu google. Padahal halaman satu paling banyak di huni 10 blog, dan sisanya sudah tentu di halaman selanjutnya atau bahkan seakan tidak terdeteksi dan tidak ada di google. Hampir setiap hari selalu saja ada blog-blog asal Indonesia yang tumbang atau expired atau domainnya tidak di perpanjang lagi.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk menciutkan nyali Anda untuk menjadi blogger sukses yang bisa hidup dengan menghasilkan uang lewat ngeblog. Saya hanya ingin Anda tidak terbang tinggi dulu sebelum Anda jatuh karena ternyata ngeblog atau menjadi blogger yang sukses tidaklah semudah bayangan Anda, atau semudah apa yang di tulis tutorial-tutorial ngeblog atau atau seminar sukses ngeblog.

Berikut ini adalah cara yang perlu Anda lakukan supaya Anda benar-benar menjadi blogger sukses dan syukur-syukur bisa menghasilkan uang dan bisa menjadi sandaran hidup Anda.

  1. Update Artikel

Blogger pemula biasanya akan sangat mudah untuk update artikel namun biasanya tidak banyak. Anda yang 10 artikel setelah itu mentok. Ada yang 100 artikel terus deadlock. Dari yang saya lihat kebanyakan blogger hanya memiliki artikel di bawah 50 buah dan setelah itu tidak pernah lagi update artikel. Itu yang sering saya amati bahkan seringkali juga artikel tidak sampai 20 buah dan setelah itu blognya tidak pernah update artikel lagi karena ide untuk menulis artikel sudah mentok.

Ada banyak teori atau cara untuk menghindari kemacetan dalam menulis artikel namun seringkali rasa malas  artikel menjadi sesuatu yang berat. Kebanyakan blogger pemula, pikiran dan kemauan menulis artikelnya tokcer di awal-awal ngeblog saja dan setelah itu kehilangan ide dan malas menulis artikel. Jika sudah begitu update artikel menjadi sesuatu yang sangat berat.

  • Artikel Menarik

Kebanyakan blogger sukses adalah blogger yang artikel-artikelnya menarik baik judul maupun isinya. Biasanya artikel yang menarik adalah artikel yang mengalir dan enak di baca dan itu biasanya artikel yang berdasarkan pengalaman pribadi si penulis. Pengalaman pribadi si penulis biasanya sangat menarik apalagi jika artikel tersebut bisa memberi solusi bagi para pembacanya. Banyak juga artikel yang merupakan pengalaman pribadi si penulis atau pemilik blog namun tidak menarik bahkan cenderung membosankan karena isinya di rasa tidak memberi manfaat atau mengandung sesuatu yang di cari para pembaca.

Artikel yang menarik misalnya cara daftar adsense beserta tips-tipsnya yang paling actual dan simple sehingga bisa menghindarkan para pembacanya gagal dalam daftar adsense.

Blogger yang sukses seringkali artikelnya komunikatif dan mau membalas komentar para pembacanya.

  • Artikel SEO Friendly

Sebaik apapun artikel yang Anda tulis jika tidak di sukai oleh google atau tidak SEO Friendly ya percuma saja. Anda harus tahu tentang kata kunci yang di bidik. Lihat saja kebanyakn blogger sukses artikelnya banyak nongkrong dihalaman satu, itu diantaranya karena artikel yang mereka tulis tepat kata kunci yang di bidik dan mereka paham tentang SEO.

Jika Anda ingin jadi blogger sukses, Anda harus bisa membidik kata kunci dan bagaimana cara riset keyword sehingga memudahkan artikel Anda tampil di halaman depan google.

SEO ada dua macam yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. SEO Onpage adalah kata kunci yang ada di blog dan artikel. Sedangkan SEO Offpage adalah tentang backlink. Suatu blog tidak akan naik atau bisa tampil di halaman pertama google jika tidak memenuhi SEO Onpage dan SEO Offpage. Baik SEO Onpage dan SEO Offpage sama pentingnya dan untuk memahaminya juga tidaklah mudah. Silahkan Anda belajar dan mencoba menerapkannya.

  • Butuh Waktu Dan Tekun

Blogger yang sukses biasanya sudah makan asam garam dunia maya. Mereka biasanya sudah jatuh bangun sampai mereka benar-benar sukses dan itu tidak disadari oleh para blogger pemula. Di dunia blogger tidak ada yang instan, semua butuh waktu untuk mengembangkan suatu blog sampai benar-benar bisa di monetize. Banyak blog yang sudah lama namun artikelnya tidak seberapa karena mereka tidak tekun. Ukuran blog yang baik adalah juga diukur dari banyaknya jumlah artikel. Karena semakin banyak artikel artinya blog tersebut berkembang. Di manapun waktu dan ketekunan adalah salah satu kunci sukses.

Blogger yang sudah lama ngeblog biasanya sudah banyak mengalami permasalahan seputar dunia ngeblog dan mereka sudah berhasil mengatasi segala permasalahan dunia ngeblog, misalnya bagaimana membuat artikel yang menarik, bagaimana cara update artikel setiap hari, bagaimana cara mengamankan blog dari serangan hacker, bagaimana cara membuat blognya menarik, bagaimana caranya riset keyword dan lain sebagainya. Jika sudah bisa mengatasi itu semua maka kesuksesan atau uang akan datang baik cepat ataupun lambat.

  • Terus Belajar

Dunia blogging sangat luas. Ada banyak sekali yang perlu di pelajari dan di praktekan, dan itu semua butuh waktu yang tidak sedikit, bahkan mungkin akan sangat panjang. Terus tingkatkan pengetahuan tentang dunia blogging seperti pada point nomor 1 sampai 4. Juga belajar juga tentang cara menggunakan tools yang mendukung dunia blogging misalnya cara menggunakan GSA SER, google console, google keyword planner dan sebagainya.

Jadi menurut saya buang jauh-jauh angan-angan Anda untuk mendapatkan uang secara instan dari ngeblog karena semua butuh waktu, ketekunan dan pengorbanan baik uang maupun waktu. Saya rasa cukup artikel cara menjadi blogger sukses yang menghasilkan uang ini. Salam sukses.