Cara Merawat Janin Kembar Dalam Kandungan

Posted on

Cara Merawat Janin Kembar Dalam Kandungan

Cara merawat janin kembar dalam kandungan tentu berbeda pada wanita yang mendapatkan kehamilan normal. Perawatan serta menjaga kehamilan kembar ini akan membuat Anda harus memiliki energi ekstra keras agar bisa mempertahankannya hingga lahir.

Cara Merawat Janin Kembar
Cara Merawat Janin Kembar

Wanita yang mengandung janin lebih dari satu merupakan salah satu wanita yang memiliki resiko kehamilan tinggi. Sebab, Anda akan merasakan gejala-gejala awal kehamilan lebih parah dari pada kehamilan normal. Gejala morning sickness yang biasanya terjadi pada awal kehamilan, akan terasa sangat berat.

Tubuh Anda akan lebih sering lelah dan pemekaran vena-vena pada bagian kaki, betis, dan tangan juga akan meningkat signifikan. Bahkan Anda akan mengalami susah bergerak dan mencerna makanan dalam porsi besar saat kehamilan telah memasuki trisemester tiga.

Berikut beberapa tips dan panduan hamil cara perawatan di bawah ini yang dapat dilakukan untuk menghadapi kehamilan janin kembar.

Mengatur pola makan yang benar serta memperhatikan asupan gizi akan sangat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan. Selain itu, perbanyaklah kosumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi, karena hal ini akan memperburuk yang bisa berakibat kontraksi dan meningkatkan peluang terjadi persalinan prematur.

Perawatan Medis

Karena tidak hanya mengandung 1 bayi saja, maka bagi Ibu Hamil janin kembar akan menjalani perawatan yang sangat ketat. Minta spesialis Anda untuk memantau perkembangan janin dan kesehatan Anda setiap beberapa minggu sekali. Intensitas konsultasi rutin juga semakin meningkat terutama saat memasuki akhir trisemester tiga. Beberapa jenis pemeriksaan seperti screening dan ultrasonografi juga akan semakin intens dilakukan, sebab perkembangan janin tak bisa diraba dengan tangan.

Melakukan Olahraga

Untuk menjaga kesehatan janin kembar, Anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan yang dapat membantu melancarkan proses kehamilan, persalinan dan menjaga kesehatan janin selama berada di dalam kandungan.

Penting:

Sebelum melakukan olahraga, Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Sebab kehamilan ganda merupakan kehamilan yang beresiko tinggi.

Apakah Anda mengetahui bahwa berenang ternyata dapat mengurangi efek cedera pada janin dan rahim sebab pada saat berenang perut Anda tidak mungkin membentur benda-benda keras. Justru, beban berat yang selama ini harus ditopang oleh tubuh Anda akibat bobot janin yang besarnya dua bahkan tiga kali lipat daripada janin normal dapat terkurangi.

Persendian dan ligamen (serabut sendi) tidak akan mengalami tekanan sehingga Anda dapat meregang otot-otot yang kaku selama masa kehamilan berjalan. Suhu air yang dingin juga akan menghindari Anda dari kepanasan, sehingga Andaa dapat mempertahankan suhu tubuh kurang dari 38,3°C.

Namun tidak boleh sembarangan dalam berenang. Gunakan gaya dada sebagai aktivitas renang sehari-hari. Jangan pernah menyelam dan melompat ke dalam kolam. Jangan gunakan sauna, air panas dan steam room karena dapat menyebabkan overheating.

Latihan Panggul

Latihan panggul merupakan salah satu bagian dari senam hamil yang sangat cocok dilakukan pada kehamilan janin kembar. Latihan ini dapat menjaga elastisitas panggul dan memperlancar jalannya proses persalinan.

Selain menjaga elastisitas panggul, latihan ini juga dapat Anda lakukan untuk mengencangkan otot-otot vagina sehingga Anda dapat mengontrol keluarnya air urin agar tidak keluar secara tiba-tiba saat Anda tengah batuk atau tertawa terbahak-bahak (mengompol).

Pilates

Pilates juga dapat menjadi pilihan olahraga yang bisa memperlancar kehamilan janin kembar Anda. Pilates dapat mengurangi rasa nyeri yang berasal dari panggul ataupun punggung. Anda dapat mengikuti kelas pilates yang diperuntukkan khusus untuk ibu hamil. Tanyakan pada spesialis kandungan sebelum Anda melakukan olahraga pilates.

Wanita yang mengandung bayi kembar akan mengalami masa kehamilan yang lebih sedikit yaitu kurang dari 37 minggu. Bahkan wanita yang mengandung janin kembar tiga hanya mengalami masa kehamilan selama 26-28 minggu. Dan perlu di waspadai bahwa keguguran pada kasus kehamilan janin kembar lebih tinggi dari pada kehamilan normal.