Cara Mudah Mencegah Menopause Secara Alami

Posted on

Cara Mudah Mencegah Menopause Secara Alami. Jika Anda seorang perempuan yang berusia antara 28 tahunan, sudah merasakan periode datang bulan yang tak teratur tetapi bukan disebabkan KB, kemudian cepat merasa capek, sering merasa pusing, sulit tidur, jantung berdebar-debar tanpa alasan dan badan kerap merasakan pegal-pegal, sebaiknya Anda mewaspadai dan berhati-hati mengenai kondisi ini.

Cara Mudah Mencegah Menopause Secara Alami
Cara Mudah Mencegah Menopause Secara Alami

Beberapa tanda-tanda yang disebutkan seperti di atas tadi, siapa tahu menggambarkan tanda-tanda kecil dari awal menopause. Mana tahu Anda sedang merasakan tanda-tanda Menopause dini. Alias menopause di usia muda.

Secara alami dan normal, setiap perempuan akan memasuki masa menapouse. Dan periode itu timbul umumnya saat perempuan sudah berusia paruh baya, antara 50 sampai 57 tahun.

Akan tetapi akibat masa menopause ini dipengaruhi oleh banyak factor, sebagian dari tanda proses penuaan ini juga dapat timbul secara dini atau di usia muda. Tak hanya pada umur 50 tahunan, tetapi umur 40 tahunan juga bisa, apalagi yang lebih muda lagi juga bisa.

Dan jelas saja tak ada perempuan ( yang masih normal ) yang mengharapkan datangnya masa menopause lebih awal. Karena perempuan yang normal pasti mengharapkan, tidak hanya bisa anggun seksi tetapi juga bisa terlihat terus awet muda.

Jangka waktu menopause akan timbul pada setiap perempuan dan hal tersebut pasti akan terjadi. Akan tetapi supaya jangan sampai merasakan menopause dini, pasti saja mau tidak mau dijaga dan dihindari hal-hal yang bisa berpengaruh terjadinya masa menopause yang lebih awal.

Berikut ini ada beberapa cara mencegah menopause dini selain menggunakan obat menopause yang beredar di pasaran.

 

  1. Pola hidup yang sehat dan seimbang.

Sebagian dari factor yang berdampak kepada datangnya masa menopause ialah factor gizi. Semakin baik kualitas gizi seorang perempuan, akan semakin mungkin masa menopause datang lebih lama. Sehingga cara yang terbaik untuk hal tersebut adalah dnegan menerapkan pola hidup yang sehat dan berimbang. Upayakan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, jangan merokok

  1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen

Menopause memiliki kaitan dengan produksi hormon estrogen. Semakin panjang masa produksi hormon estrogen, ini maka akan semakin mungkin datangnya masa menopause dihambat.

Bahan makanan yang mengandung Fitoestrogen bisa ditemukan pada buah-buahan semacam pepaya, bengkuang, teh hijau, melon, kacang kedelai. Juga bisa didapat dari biji-bijian gandum, wijen, biji bunga matahari dan kacang tunggak.

  1. Jauhi makanan cepat saji

Makanan cepat saji pada umumnya mempunyai kandungan gizi yang tak seimbang. Belum lagi dengan adanya kadar kolesterol yang umumnya relative sangat tinggi. Secara simpel, makanan cepat saji akan sangat mempengaruhi kebugaran tubuh. Maka, hindarilah mengkonsumsi makanan cepat saji.

  1. Rutin konsumsi buah dan sayuran

Mengapa mengkonsumsi buah & sayur? Sebab pada buah-buahan dan sayuran segar biasanya mempunyai kandungan serat yang tinggi. Tak hanya itu bua-buahan dan sayuran juga memiliki kadar antioksidan yang bagus untuk kesehtan tubuh.

  1. Berolahraga

Olah raga secara konsisten tak hanya menjadikan tubuh segar, olah raga juga bisa melancarkan peredaran darah, menguatkan tulang dan membantu produksi hormon dengan baik. Tak harus berolahraga yang berat-berat, selama dilaksanakan dengan rajin dan konsisten, olahraga akan begitu berguna, dan akan terasa khasiatnya. Misalnya seperti melakukan senam, jogging ataupun lari dipagi hari dan sejenisnya.

 

Demikian Cara Mudah Mencegah Menopause Secara Alami. Semoga bermanfaat.