Cara Praktis Menghilangkan Jerawat dengan Facial Rumahan

Posted on

Cara Praktis Menghilangkan Jerawat dengan Facial Rumahan. Wajah merupakan aset utama bagi para wanita. Kaum hawa ini cenderung akan lebih mudah stress jika wajahnya berjerawat, berminyak, atau tampak kusam dibandingkan dengan pria.

Oleh karena itu, tidak heran jika kita menjumpai banyak wanita yang rela menghabisakan waktunya selama berjam-jam duduk di salon demi melakukan perawatan untuk wajah mereka.

Cara Praktis Menghilangkan Jerawat dengan Facial Rumahan, facial, cara menghilangkan jerawat, jerawat
Cara Praktis Menghilangkan Jerawat dengan Facial Rumahan, facial, cara menghilangkan jerawat, jerawat

Ada banyak hal yang dilakukan para wanita untuk mendapatkan kulit wajahnya mulus, putih, bersih, dan sehat. Salah satunya adalah melakukan facial. Banyak orang meyakini bahwa wajah berjerawat tidak boleh dilakukan facial. Karena penggunaan scrub pada saat facial bisa menyebabkan kulit mengalami peradangan.

Pemencetan jerawat pada saat facial juga berbahaya karena biasanya jerawat tersebut pecah di bawah kulit sehingga kotoran dan kuman di dalam jerawat tersebut tersebar ke kulit sekitarnya dan akhirnya akan menimbukan jerawat baru yang lebih banyak lagi.

Pemencetan secara sembarangan ini juga akan meninggalkan bekas lubang atau jaringan parut pada kulit wajah. Demi menghindari trauma fisik tersebut, sebaiknya jangan melakukan scrubbing dan pemencetan pada kulit berjerawat pada saat Anda melakukan facial.

Cara Melakukan Facial Rumahan

Jika Anda ingin melakukan facial sendiri pada wajah berjerawat Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Membersihkan wajah

Bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Pijat wajah dengan pelan secara menyeluruh. Anda juga bisa menggunakan sikat khusus yang digunakan untuk wajah. Sikat ini berguna untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Setelah pemakaian sabun, wajah dibersihkan kembali dengan face toner menggunakan kapas. Tepuk-tepukkan.

  • Menguapkan wajah

Sediakan air panas di dalam ember. Uapkan wajah Anda dengan jalan mencondongkan muka ke dalam ember tersebut. Hal ini berguna untuk membuka pori-pori wajah sehingga mempermudah pengangkatan komedo dari dalam kulit. Lakukan hal ini sekitar 3 sampai 5 menit.

  • Pembersihan jerawat dan komedo

Selanjutnya angkat komedo dan jerawat kecil menggunakan sendok una untuk menghilangkannya. Jika kulit Anda menjadi merah dan ada sedikit darah itu berarti penguapan yang Anda lakukan tidak sempurna/kurang lama. Setelah semua itu dilakukan dengan benar, selanjutnya Anda harus menggunakan masker.

Sebaiknya Anda menggunakan masker dari bahan alami karena apabila menggunakan masker kecantikan yang ada di pasaran, dikhawatirkan akan terdapat efek samping dan membuat jerawat akan lebih parah lagi. Masker yang bisa Anda buat sendiri adalah masker putih telur.

Masker ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat Anda karena kandungan protein yang ada pada putih telur dipercaya berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan mempercepat proses regenerasi kulit. Sehingga mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

Manfaat lainnya adalah masker putih telur juga dapat menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah yang di timbulkan oleh bekas jerawat maupun tanda-tanda penuaan. Masker ini juga dirasa mampu untuk mengecilkan pori-pori, membuat wajah jadi lebih kencang dan halus serta minyak yang ada di wajah pun dapat terkontrol dengan baik sehingga wajah Anda menjadi lebih sehat, cerah dan awet muda.

  • Penyegaran

Terakhir, cuci wajah Anda menggunakan sabun pembersih wajah kemudian bilas dengan air sampai masker benas-benar hilang. Cuci dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Demikian Cara Praktis Menghilangkan Jerawat dengan Facial Rumahan, semoga bermanfaat.