Dahsyatnya Shalat Malam

Dahsyatnya Shalat Malam

Shalat malam sering diabaikan dan dianggap sebagai suatu perbuatan syariat semata sehingga sering ditinggalkan dan orang lebih memilih meditasi atau dzikir meditasi atau wiridan dengan tujuan ilmu, khususnya untuk ilmu hikmah atau ilmu gaib atau kebatinan dan sebangsanya. Shalat malam benar-benar sering di pandang sebelah mata, padahal Allah sudah  janji barang siapa yang melakukan shalat malam insya Allah, Allah akan  meninggikan derajatnya.

Sebenarnya shalat malam adalah shalat yang sangat dahsyat sehingga Nabi Muhammad pun tidak pernah meninggalkannya shalat malam bahkan kaki Beliau sampai bengkak-bengkak. Sahalat malam sebenarnya adalah terapi bagi kaum muslimin dari segala macam penyakit, baik penyakit batin maupun penyakit tubuh, dan sarana diterimanya suatu doa.

Ini adalah kisah seorang teman yang ingin menjual rumahnya namun entah kenapa rumahnya tiba-tiba penuh dengan makhluk-makhluk gaib. Makhluk-makhluk gaib itu begitu banyak dan bermacam-macam. Butuh energi dan waktu untuk mengusir dan memusnahkan makhluk-makhluk tersebut. Setelah diusir dan dimusnahkan esok harinya makhluk-makhluk lain datang kembali dan memenuhi rumah sehingga rumah tersebut terasa panas dan beraura  negatif. Efeknya orang-orang yang ingin membeli rumah tersebut tidak berminat. Kalau berminatpun  tiba-tiba menggagalkan niatnya. Berkali-kali hal tersebut terjadi dan teman saya merasa cape.

Teman saya tidak mau berprasangka buruk untuk mengetahui siapa yang telah membuat rumahnya penuh dengan makhluk gaib dan lebih memilih menyerahkannya semua pada Allah semata. Setiap malam dia dan  keluarganya bermunajat kepada Allah dengan menjalankan shalat malam dan membaca al Qur’an.  Seorang teman yang lain mencoba meminta petunjuk pada Allah tentang akhir masalah dari teman saya yang mau menjual rumahnya tersebut dan mendapatkan gambaran bahwa segala masalah dan makhluk gaib tersebut pada akhirnya akan hilang begitu saja seperti tertiup angin dan pada akhirnya gambaran itu benar. Makhluk-makhluk gaib yang luar biasa banyaknya tersebut sepertinya sirna begitu saja dan rumah itu akhirnya terjual.

Bagi sebagian orang yang merasa  mempunyai ilmu (gaib) melawan jin jahat atau makhluk gaib haruslah dengan ilmu gaib atau ilmu kebatinan juga, namun teman saya cukup dengan shalat malam dan bermunajat pada Allah saja tanpa memakai kekuatan batin. Teman saya tersebut bukannya tidak bisa namun  merasa cape bila harus melawan makhluk-makhluk yang tidak jelas tersebut dengan energinya sendiri. Prinsipnya, biar Allah yang mengurusnya sampai tuntas. Memang untuk prinsip in yang dibutuhkan iman yang lebih. (Bukan sekadar iman yang masih pakai kata tetapi. Orang sering bilang, saya beriman tetapi ………., beriman sih beriman tapi kalau begini siapa yang kuat? Siapa yang bisa? Dan lain-lain)

Sebenarnya Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan dan mencontohkan bahwa  iman adalah yang terpenting, bukan ilmu gaib. Dalam sejarah perjalanan Nabi, hanya iman yang menuntun dan membuat hati dan tubuh menjadi kuat. Salah satu jalan mempertebal iman adalah dengan shalat malam. Lain kali akan saya ceritakan juga kedahsyatan shalat malam yang membuat seorang tukang pel bisa naik haji.

Bagaimana shalat malam tidak dahsyat, ketika orang-orang terlelap dalam tidurnya, seorang hamba bersusah payah menemui Allah dengan shalat malam dan bermunajat. Ketika orang tersebut telah mengkhususkan Allah, Allah juga membalasnya dan mengkhususkan orang tersebut, maka diangkat derajatnya, dikabulkan doanya, diberi karunia yang mungkin orang tersebut tidak pernah memikirkannya dan lain sebagainya.

Ketika  pikiran tidak bisa menjangkau Allah, maka bukalah hati, bersihkan hati dan kembalikan pada yang punya? Siapa? Allah SWT. Ketika kita punya penyakit, maka serahkan penyakit tersebut kepada Allah. Bila kita mempunyai sejuta masalah, serahkan juga semua masalah tersebut  kepada Allah. Sesungguhnya Allah adalah tempat kita memohon dan Allah pasti akan mengabulkan.

Semoga bermanfaat.