Dzikir Syukur

Posted on

Dzikir syukur adalah dzikir khusus untuk berterima kasih atau bersyukur kepada Allah SWT tentang apa yang telah diberikan kepada kita. Dzikir syukur sangat penting sekali karena dengan dzikir ini kita belajar untuk tidak mendustkan apa yang telah Allah berikan kepada kita. Kita seringkali lupa pada apa yang telah Allah berikan kepada kita sehingga secara sadar atau tidak kita menjadi kufur nikmat.

Dzikir Syukur
Dzikir Syukur

Bagaimana tidak kufur nikmat, apa yang telah diberikan Allah kepada kita atau rizki yang diberikan kepada kita seringkali kita ukur dengan uang, padahal ada banyak yang lebih berharga daripada uang. Seseorang yang sedang sakit, apalagi sakitnya parah dan bisa menyebabkan kematian barulah sadar kalau rizki Allah itu bukan hanya uang. Uang seringkali tidak berharga bila dibanding kesehatan. Orang rela membayar berapa saja asal bisa sehat.

Seringkali juga orang jadi kufur nikmat karena ilmu yang dimilikinya. Orang yang semakin berilmu seharusnya semakin sadar bahwa ilmu yang ia miliki tidaklah seberapa dibanding ilmu Allah, atau ilmu yang ia miliki belum seberapa karena masih banyak orang lain yang lebih tinggi dan lebih dalam ilmunya.

Orang yang mempunyai pangkat atau jabatan kebanyakan sombong padahal apa yang mereka banggakan bisa lepas atau membuat mereka jatuh terlempar kedalam neraka dunia dan akhirat. Contoh sudah banyak namun kebanyakan manusia  tidak pernah belajar dari mereka.

Pendek kata sombong harus dibuang jauh-jauh dari hati manusia. Ingat bagaimana iblis didepak dari syurga, itu karena kesombongan. Untuk sombong salah satu diantaranya adalah dengan dzikir syukur. Bagaimanakah dzikir syukur tersebut? Bagaimana pula caranya? Akan saya terangkan dibawah ini.

Cara dzikir senyum sebenarnya tidak beda jauh dengan dzikir-dzikir yang lain. Cara dzikirnya juga bebas, mau dzikir jahar boleh, dzikir hati atau sirr juga boleh. Persiapkan diri anda dalam keadaan relax. Duduk lebih baik atau kalau tidak mampu tiduran atau berdiri juga tidak apa-apa. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan. Ulangi lagi. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan sambil mengucapkan hamdallah (alhamdulillah). Ucapakan dengan penuh tulus. Rasakan hati dan pikiran kita penuh syukur atau berterima kasih kepada Allah.

Rasakan udara yang kita hirup, betapa berharganya udara yang kita hirup, menyegarkan hati, pikiran dan tubuh kita, tanpa harus bayar. Ucapakan terima kasih yang tulus kepada Allah. Seandainya udara itu diberi harga dan kita harus membayarnya, berapa banyak yang kita bayar kepada Allah? Sanggupkah kita? Sekali lagi kita ucapkan syukur kita kepada Allah.

Tarik napas lagi dan hembuskan dan terus ucapkan alhamdulillah. Lihatlah tangan kita, mata kita, kaki kita yang sehat dan semua bagian tubuh kita yang sehat. Berapa harga mereka, sanggupkah kita menghargai mereka? Jika tangan kita lumpuh berapa uang yang harus kita keluarkan dan menjamin tangan kita bisa normal kembali? Syukurlah kita diberi kesehatan. Ucapkan rasa syukur kita dengan tulus, dengan sepenuh hati kepada Allah.

Anda bisa terus dzikir syukur dengan mengingat semua yang Allah berikan kepada anda yang anda tidak bisa nilai harganya, bahkan untuk hal-hal kecil yang mungkin selama ini tidak anda perhatikan dan tidak pernah anda syukuri. Bahkan bila anda terkena masalahpun sebaiknya anda bersyukur karena itu berarti anda sedang diperhatikan Allah. Hanya orang yang diperhatikan oleh Allah yang akan menerima ujian. Bila anda berhasil melewati ujian tersebut, insya Allah iman anda akan semakin mantap.

Dzikir syukur sangat baik untuk kesehatan pikiran, hati, badan dan keimanan anda. Coba saja anda terapkan setiap hari. Minimal setiap hari setelah bangun tidur dan sebelum anda tidur. Syukuri apa yang telah Allah berikan kepada Anda. Insya Allah setelah anda menjalankan dzikir syukur ini dengan sepenuh hati, pikiran anda akan cerah dan hidup lebih optimis. Hati lebih plong, dan badan menjadi segar. Insya Allah dengan segarnya badan, penyakit akan menjauh dari anda.

Silahkan anda coba dan rasakan manfaatnya dan silahkan sharing pada saya. Semoga bermanfaat untuk anda.