Kisah Kyai Genthong, Kyai Ceret Dan Kyai Talang

Posted on

Kisah Kyai Genthong,  Kyai Ceret Dan Kyai Talang

Kisah kyai ini adalah kisah tentang para ulama yang banyak terjadi saat ini. Sudah jamak jika banyak orang lebih menyukai orang yang terlihat ganteng, cantik, dan orang yang suka menghibur atau humoris. Entah siapapun dia. 3 faktor tersebut banyak terjadi di masyarakat bahkan beberapa kali di buatkan sinetronnya karena kejadian tersebut sangat menggelitik.

Kisah Kyai Genthong,  Kyai Ceret Dan Kyai Talang
Kisah Kyai Genthong, Kyai Ceret Dan Kyai Talang

Seharusnya ( lebih baik) jika kita mengaji pada seorang kyai atau Ustadz yang benar-benar dalam dan luas ilmu agamanya, namun ternyata perkembangan jaman bisa di manfaat (menciptakan) para kyai atau ulama karbitan yang sering tampil di televise dan dilihat dan di dengar orang yang sebenarnya ilmunya masih dangkal. Biasanya mereka adalah para kyai atau Ustadz yang memiliki paras yang menawan atau memiliki tingkah unik dan lucu.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari diri mereka. Karena setiap umat islam memang di suruh menyampaikan walau satu ayat.  Menurut saya pribadi orang yang berani tampil di depan publik seharusnya adalah orang yang benar-benar bisa membimbing umat dan memberi solusi pada umat dengan ilmunya. Yang berbahaya adalah bila para Kyai atau Ustadz yang ilmu masih cetek dan disuruh memberi pencerahan bagi umat, ya bisa dibayangkan sendiri bagaimana solusi mereka.

Para Kyai atau Ustadz menurut saya dan banyak orang jawa di klasifikasikan menjadi 3 yaitu Kyai Genthong, Kyai Talang Dan Kyai Ceret.

Kyai Genthong adalah kyai atau Ustadz yang bukan hanya syariatnya saja yang dalam namun sudah mencari taraf makrifat dan hakikat yang dia dapat karena sudah mendalami agama islam. Banyak ilmu yang di dapat karena hijab hatinya sudah terbuka. Kyai jenis ini bisa jadi dan seringkali menyembunyikan kelebihan yang dia miliki. Ibarat kata ilmunya itu satu Genthong ( sangat banyak) dan tak akan habis bila di minum atau di timba umat yang mendatanginya. Seringkali ilmu yang di dapat oleh para jamaah atau orang-orang yang datang kepadanya tergantung kapasitas orang-orang tersebut. Bisa jadi orang yang mendapatkan satu gelas ilmu karena dia memang kapasitasnya memang satu gelas, ada juga yang satu ember, satu satu sendok dan sebagainya.

 

Sudah tentu jenis Kyai ini kalau Cuma membaca hati itu adalah perkara mudah dan seringkali membri solusi pada umat dengan tepat. Seringkali para jamaah atau umat yang datang kepadanya begitu ngobrol langsung hilang masalahnya namun tetap di beri solusi tanpa orang tersebut harus ngomong.

Kyai Genthong ini biasanya sudah malas bicara tentang syariat, bukan karena syariat tidak perlu, tapi tingkatannya sudah lebih. Kyai Genthong adalah Kyai yang sudah mencapai tahap haqqul yakkin.

Kyai Genthong seringkali bersembunyi dari penglihatan orang, bahkan bisa jadi di pandang gila dan hina. Kyai Genthong berbeda dengan Kyai lain sudah menjalani laku yang panjang untuk mengenal dan benar-benar dekat dengan Allah SWT bukan sekedar baru belajar membaca agama atau baru lulus dari pondok pesantren atau kuliah agama islam.

 

  1. Kyai Ceret

Kyai Ceret berkebalikan dengan dengan Kyai Genthong. Kyai jenis ini adalah kyai yang baru belajar agama sehingga kadang seringkali menyalahkan orang-orang yang tidak sejalan dengan pemikirannya. Kyai jenis ini adalah kyai yang ilmu agamanya masih berada di kepala dan lidahnya, belum sampai ke hati, apalagi hatinya hidup seperti kyai Genthong.

Kyai jenis ini banyak di pandang di masyarakat karena pandai bertutur kata atau berpidato, atau karena terkenal dan sering tampil di televisi. Banyak dari jenis kyai ini yang yang hanya menyenangkan karena di pandang mata, atau karena sudah jadi selebritis, dan humoris. Jenis kyai ini juga bayarannya mahal karena selain lebritis juga mempunyai jamaah yang banyak. Jamaah oh jamaah, lanjut ya bacanya.

Kyai Ceret soal pemecahan masalah para kyai Ceret ini hanya bersifat normative, bahkan kadang (sering) tidak memberikan solusi yang pas dan memuaskan karena keterbatasan ilmu, atau hanya mengenal kulitnya saja.

Kyai Ceret jika di banding Kyai Genthong, ilmunya tidak ada apa-apanya. Kalau tidak percaya silahkan saja di coba.

 

  1. Kyai Talang

Kyai Talang adalah Kyai yang posisinya diantara Kyai Genthong dan Kyai Ceret. Kyai Talang adalah Kyai yang memberikan ilmunya kepada siapa saja tanpa pandang bulu dan bagaimanapun keadaannya. Ibaratnya seperti talang yang hanya sebagai alat numpang lewat apa saja yang lewat diatasnya.

 

Tulisan ini terilhami dari suatu buku dan sampai saat ini fenomena Kyai Genthong, Kyai Ceret Dan Kyai Talang masih berlanjut. Kalau bermanfaat silahkan di renungkan, kalau tidak tolong jangan diambil hati ya.