Mengenal Penyebab Munculnya Jerawat

Posted on

Mengenal Penyebab Munculnya Jerawat. Apakah anda pernah penasaran ingin mengetahui tentang penyebab munculnya jerawat ? Karena jika anda sudah paham betul pemicunya maka akan lebih mudah untuk mencegah atau mengobati jerawat tersebut.

Mengenal Penyebab Munculnya Jerawat, jerawat
Mengenal Penyebab Munculnya Jerawat

Sebenarnya jerawat dapat dengan mudah dihilangkan, namun lebih baik jika anda mencegah munculnya jerawat daripada harus mengeluarkan biaya mahal untuk mengobatinya bukan?

Jika jerawat sudah terlanjur banyak dan menyebar hingga ke punggung, maka susah sekali untuk menyembuhkan secara total, pada umumnya seseorang hanya bisa mengurangi saja.

Apabila anda sudah paham cara melakukan pencegahan terhadap munculnya jerawat terutama pada wajah, maka secara tidak langsung anda sudah menghindarkan wajah terhadap masalah kulit wajah lainnya, seperti noda hitam bekas jerawat, bopeng, flek hitam dan wajah kurang cerah.

Berikut adalah ulasan tentang beberapa penyebab seseorang mengalami jerawat. Simak ya.

1). Menyentuh kulit wajah

Hal ini dikarenakan kulit wajah seseorang pada umumnya bersifat sensitif apalagi hanya dengan memakai tangan yang kotor. Perhatikan bagian wajah yang sering anda sentuh seperti pelipis dan dagu mudah muncul jerawat. Meskipun tidak semua jenis kulit seperti ini, anda harus hati – hati, lebih baik sebelum menyentuh kulit, bersihkan tangan terlebih dahulu.

2). Faktor genetik

Jerawat seseorang muncul karena adanya faktor keturunan atau genetik, kebanyakan seseorang yang kebetulan mempunyai orang tua berjerawat maka anaknya akan tertular jerawat pula apalagi ketika sudah menginjak masa remaja.

3). Faktor gaya hidup

Faktor penyebab seseorang berjerawat paling umum adalah pola hidup yang kurang sehat, seperti anda kurang tidur dan banyak merokok bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah.

4). Faktor makanan

Ada banyak jenis makanan yang dapat memicu munculnya jerawat, salah satunya adalah makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kalori tinggi. Seperti, kacang – kacangan, telur ayam bagian kuningnya, gorengan dan lain – lain.

5). Kesalahan dalam memilih kosmetik

Sering dijumpai seseorang salah dalam memilih jenis kosmetik yang kurang cocok dengan jenis kulitnya, oleh karena itu usahakan anda membeli kosmetik secara bijak.

Masalah yang bisa timbul akibat memakai produk – produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda adalah wajah tumbuh komedo, ada peradangan kecil berwarna merah, berpori – pori besar dan berjerawat.

Untuk mencegah hal itu terjadi, konsultasikan ke dokter kecantikan sebelum membeli produk kecantikan, lalu beli produk yang sudah memiliki ijin edar produksi dari BPOM sehingga nantinya tidak membahayakan kulit saat diaplikasikan.

6). Stres

Stres dapat memicu timbulnya jerawat di wajah, hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar androgen yaitu hormon yang bisa memicu munculnya jerawat besar atau komedo, apabila dibiarkan begitu saja maka komedo akan menjadi jerawat membandel.

Itulah 6 penyebab utama munculnya jerawat pada wajah, jika anda sudah mengetahui maka pelajari cara – cara mengatasinya sehingga tidak mengganggu penampilan anda di depan umum dan anda pun akan senang karena mempunyai kulit wajah yang sehat dan mulus.