Mitos Dan Fakta Yoga Serta Manfaat Yoga Yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Mitos  Dan Fakta Yoga Serta Manfaat Yoga Yang Perlu Anda Ketahui

 

Yoga semakin lama semakin popular. Banyak artis Nasional yang melakukan yoga dan sering muncul di infotinment, seperti Andien, Raisa, Syahrini dan Inul Daratista.  Dengan melakukan yoga secara teratur, fleksibilitas tubuh semakin meningkat, fisik menjadi kencang dan pikiran menjadi relaks. Bahkan Yoga bisa digunakan sebagai sarana untuk menurunkan berat badan.

Dengan beredarnya kebaikan atau manfaat yoga ternyata berhembus juga kabar burung yang menyesatkan tentang yoga sehingga orang menjadi ragu-ragu untuk melakukan yoga. Untuk itu ada baiknya bagai Anda mengetahui tentang fakta dan mitos tentang yoga sehinga Anda bisa mengetahui manfaat yoga yang sebenarnya.

Fakta Dan Mitos Yoga
Fakta Dan Mitos Yoga

Berikut ini fakta dan mitos tentang Yoga :

Mitos Yoga: “Anda Harus Fleksibel Dalam Melakukan Yoga”

Adalah salah bila Anda berpikir jika Anda seorang yang elastis dan fleksibel sehingga Anda tidak jadi berlatih yoga.

Fakta Yoga: “Yoga Dapat Membantu Meningkatkan Fleksibilitas Dan Elastisitas Anda Secara Bertahap”

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan Asana atau posisi yoga yang rumit adalah bukan tujuan utama yoga. Asana adalah salah satu bagian dari belajar yoga.

Jika Anda terus belajar yoga dengan teratur, tubuh Anda secara alami akan menjadi lebih mobile dan fleksibel ketika Anda secara bertahap belajar bagaimana mengadopsi dan memperbaiki posisi yoga yang berbeda di sepanjang perjalanan Anda. Jadi, sebenarnya, jika Anda berpikir Anda tidak fleksibel maka Anda sebenarnya memiliki lebih banyak alasan untuk melakukan yoga daripada menghindarinya.

 

Ini juga perlu dicatat bahwa jika Anda sudah sangat fleksibel dan telah didiagnosis mengalami hipermobilitas, Anda harus mencari seorang guru yoga yang tahu bagaimana bekerja dengan orang-orang yang memiliki sendi longgar. Ini akan memastikan bahwa latihan yoga Anda membuat Anda lebih kuat tanpa menyebabkan Anda secara tidak sengaja melukai diri sendiri.

 

Mitos Yoga: “Hanya Ada Satu  Yoga”

 

Bisa Anda pergi ke salah satu kelas yoga dan tidak menyukainya, dan sekarang Anda cukup yakin bahwa Anda hanya ingin memberikan seluruh hal yang dilewatkan. Sebagai alternatif, mungkin seorang teman memiliki pengalaman buruk di kelas yoga dan telah membuat Anda berhenti berlatih seumur hidup. Patut dipertimbangkan kembali sikap kaku ini.

Fakta Yoga: “Ada Banyak Jenis Yoga yang Berbeda”

Di dunia ini banyak sekali jenis yoga, ada banyak cara yang berbeda untuk mengajarkannya kepada mereka yang ingin belajar juga. Jadi, satu kelas yoga tidak memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang apakah yoga dapat meningkatkan kehidupan Anda.

Para guru yoga ahli biasanya dapat mengutip setidaknya selusin bentuk yoga yang berbeda. Beberapa menawarkan latihan yang menantang, yang lain bersifat restoratif dan bertujuan membantu mereka yang mengalami kesulitan fisik, sementara lebih banyak lagi fokus pada pelepas stres.

 

Jenis-jenis yoga meliputi:

 

Anusara. Dikembangkan oleh John Friend. Yoga ini ditujukan untuk siswa yang ingin mengekspresikan diri.

Ashtanga. Seperangkat pose khusus yang mengalir secara berurutan.

Bikram atau Hot Yoga. Dinamakan sesuai penciptanya, Bikram Choudhury. Ini adalah serangkaian 26 postur yang dilakukan, dua kali, di bawah kelembapan dan panas yang tinggi.

Hatha. Sementara latihan ini dapat mencakup sebagian besar bentuk yoga barat dan modern, ini paling sering digunakan oleh para pemula karena pendekatan klasiknya.

Iyengar. Juga dikenal sebagai ‘furniture yoga’, latihan ini menggunakan berbagai alat peraga seperti kursi, selimut, dan tali untuk posisi dan penyelarasan yang sempurna.

Restoratif. Dianggap bentuk yoga yang paling santai, latihan restoratif bertujuan untuk meremajakan Anda baik secara fisik maupun mental.

Prenatal . Disesuaikan untuk membantu mereka di semua tahap kehamilan mereka. Yoga ini membantu mengembangkan teknik pernapasan dan relaksasi strategis.

 

Dengan variasi yang luar biasa ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membaca berbagai jenis yoga! Dengan cara ini Anda dapat mengetahui mana yang menarik bagi Anda.

 

Anda juga dapat mencari guru atau kelas yang menekankan jenis-jenis khusus tersebut. Dan jika Anda tidak suka, pertimbangkan mencoba yang lain!

 

Mitos Yoga: “Hanya Orang Tertentu Yang Baik Dalam Yoga”

 

Memikirkan yoga dari sudut pandang baik atau buruknya itu menyesatkan dan kontraproduktif.

 

Mitos khusus ini membuat banyak orang bahkan mencoba yoga! Mereka menganggap mereka akan merasa gagal dan merasa terintimidasi oleh gagasan kegagalan.

Fakta Yoga: “Menjadi Baik di Yoga Adalah Subyektif”

Kalau Anda bertanya kepada orang-orang yang telah berlatih yoga selama bertahun-tahun, mereka akan memberi tahu Anda bahwa sebenarnya tidak ada yang sangat bagus dalam yoga. Fokusnya bukan pada penilaian obyektif eksternal, tetapi pada apa yang berhasil baik untuk membantu Anda merasa baik di dalam tubuh Anda sendiri.

 

Yoga adalah kegiatan yang sangat pribadi. Tidak ada dua orang yang akan mempraktekkannya dengan cara yang persis sama atau berkembang dengan cara yang persis sama ketika melakukannya. Ini berarti bahwa tidak apa-apa, dan memang menguntungkan, untuk mendekati yoga dengan perspektif yang sepenuhnya berfokus pada diri sendiri, bertekad untuk mencari tahu apa yang terasa benar.

Setelah Anda mendekati kelas dengan cara ini beberapa kali, Anda akan segera menyadari bahwa tidak perlu menjadi sadar diri atau kompetitif. Perasaan ini melawan semangat latihan yoga.

 

Mitos Yoga: “Yoga Hanya Untuk Orang-Orang Khusus”

 

Ada banyak pemikiran negatif dan menghambat tentang siapa yang cocok untuk melakukan yoga. Coba lupakan itu, mereka hanya akan menahanmu! Ini bukan hanya untuk wanita di usia 20-an, atau untuk orang yang sudah sangat bugar.

Fakta Yoga: “Yoga Untuk Semua Orang!”

Terlepas dari jenis kelamin Anda, kelompok usia Anda atau tingkat kebugaran Anda saat ini, hampir pasti akan ada cara bagi Anda untuk berlatih yoga dengan aman, produktif dan menyenangkan. Kelas yoga harus membantu menumbuhkan sikap penerimaan dan kolaborasi yang konsisten (bukan segregasi).

 

Jadi, jangan biarkan stereotip yang sempit membuat Anda berpikir bahwa Anda adalah “tipe orang yang bisa melakukan yoga”. Yoga untuk semua orang!

 

Seperti yang baru saja dibahas, yoga benar-benar dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Sebelum Anda belajar yoga di kelas yoga, ada baiknya Anda cari tahu terlbih dulu. Ada banyak kelas yoga dan pilihlah mana yang Anda suka. Jika di kelas A Anda tidak suka, bisa jadi di kelas lainnya Anda suka.

 

Anda bisa juga tuh coba Acroyoga, perpaduan Acrobat dan Yoda seperti yang dilakukan oleh artis Andien, Syahrini, Raisa dan Inul Daratista yang lain terkenal.