Orang Ini Sukses Bisnis Online Karena Iseng

Orang Ini Sukses Bisnis Online Karena Iseng

Banyak orang termakan oleh pemikiran kalau bisinis online mudah dan tidak perlu bekerja keras. Apalagi setelah melihat banyak orang yang memamerkan kesuksesan mereka dalam berbisnis online. Seakan bisnis online mudah tidak seperti bisnis offline yang jelas memeras tenaga dan belum tentu sukses.

Orang Ini Sukses Bisnis Online Karena Iseng
Orang Ini Sukses Bisnis Online Karena Iseng

Pikiran para pemula ini semakin terbuai olah adanya pelatihan atau seminar tentang suksesnya bisnis online. Pemikiran tersebut sebenarnya tidak salah tapi juga tidak benar. Siapa bilang kalau bisnis itu gampang? Dan siapa bilang kalau bisnis online itu susah?

Artikel ini sebenarnya saya tujukan bagi mereka yang gagal dalam berbisnis online karena termakan oleh seminar berbiaya mahal dan kata-kata para Mastah Online yang menghipnotis. Pada dasarnya ada banyak factor yang membuat suksesnya seseorang dalam berbisnis online. Cerita ini untuk Anda kalau sebenarnya berbisnis online ternyata sangat mudah dan cukup dengan modal kecil.

Nama orang yang saya ceritakan ini tidak penting. Kalau saya sebut nama dia mungkin akan protes dan Anda tidak akan mendengar atau membaca artikel tentang kesuksesannya.

Suatu sore saya mengirimkan barang lewat JNE. Biasa, saya mengirim barang orderan para pembeli. Tidak banyak, hanya ada tiga pieces (packingan). Ketika hampir selesai datang seorang lelaki muda dengan membawa sekitar delapan packingan masing-masing sebesar satu selop rokok.

Iseng, saya tanya apa isi bungkusan tersebut. Dia menjawab kalau itu adalah racun tikus. Wah banyak sekali, kata saya. Dia bilang, itu hanya sebagian saja belum yang lewat Tiki dan JNE. Saya berdecak kagum. Anda jual lewat online Pak? Tanya saya. Ya, katanya.

Saya benar-benar salut karena jual racun tikus saja bisa begitu banyak. Saya periksa alamat tujuan pengirimannya, ada yang ke sekitar jabotabek, jawa timur, sumatera dan lain-lain.

Bagaimana ceritanya? Selidik saya. Awalnya iseng-iseng saja, katanya. Ceritain dong! Waduh saya sudah pernah cerita masa saya cerita lagi, katanya.

Saya tahu kalau dia tidak mau di korek lebih jauh. Saya masih merasa kagum dan sampai rumah saya segera mengecek kata kunci jualan tikus di google dan market place dan ternyata kebanyakan adalah racun tikus buatan China. Mungkin harga beli di China sangat sangat murah dan di Indonesia bisa di jual sepuluh kali lipat. Itu pemikiran saya setelah mengecek asal racun tikus dari China di Yiwu.com

Hari lain ketika saya mengirim barang lagi di JNE langganan saya, saya mendapat informasi kalau ternyata orang yang menjual racun tikus tersebut bermula dari iseng dengan ramuan atau formula sendiri dan diberi merek sendiri. Penjual racun tikus tersebut tidak mau memberi rahasia formula racun tikus yang dibuatnya karena itu rahasia dia sendiri.

Saya masih tetap kagum bisnis online bisa penjual racun tikus tersebut lain dengan yang lain. Pada prinsipnya jual online adalah menjual sesuatu yang belum ada atau aneh namun banyak dibutuhkan atau disukai oleh masyarakat sehingga persaingan masih sedikit bahkan tidak ada.

Bisnis online kadang tidak harus muluk-muluk. Bisa dimulai dari hobby, iseng atau dari sesuatu yang sederhana. Saya juga begitu jualan online hanya dengan modal menjualkan barang dari toko sebelah.

Bisnis online tidak harus dengan modal besar dan berpikir terlalu jauh, yang penting jalani dulu dan kerjakan yang paling mudah. Jangan mudah tergiur iklan seminar atau pengalaman para “mastah” yang bisa jadi hanya ingin menyedot uang Anda saja.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberi ide bagi Anda yang sudah mentok dan bangkrut.