Pengertian Endorse, Fungsi, Dan Cara Mendapatkan Endorse

Posted on

Pengertian Endorse

Dalam dunia media sosial dan dunia online saat ini, khususnya instagram dan dunia video youtube, kita mengenal apa yang disebut dengan kata “endorse”.

Saat ini banyak orang sekali selebgram dan youtuber yang di endorse. Sebagian besar influencer social media atau artis social media, misalnya selebram dan youtuber mengandalkan pemasukan dengan menerima endorsement baik barang maupun jasa. Saat ini bisnis endorse atau endorsement sangat menggiurkan sehingga banyak selebgram, youtuber dan artis yang berlomba-lomba untuk mendatangkan follower dan subscriber.

Pengertian Endorse.

Kata endorse berasal dari kata endorsement yang artinya adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau rekomendasi atau setuju terhadap sesuatu.

Endorse adalah promosi dengan  memanfaatkan influencer entah itu , selebgram, youtuber, selebriti atau seorang profesional  terpercaya, atau gabungan dari sebagian atau semuanya,  untuk mengatakan hal baik tentang sebuah merek, produk atau layanan.

Saat ini kebanyakan artis juga merupakan selebgram atau youtuber. Semakin banyak follower atau subscriber seorang artis artinya semakin baik untuk di jadi tempat untuk endorse barang atau jasa. Dan itu artinya pemasarannya akan semakin efektif. Untuk memilih artis mana yang cocok dengan barang atau jasa yang minta diendorse harus pilih-pilih. Artis yang berasal dari kalangan jetset akan berbeda dengan artis yang berasal dari kalangan orang biasa, apalagi artis yang berasal dari golongan bawah.

Kehidupan dan cara hidup artis tentu akan membedakan barang mana yang cocok untuk di minta diendorsekan . Misalnya Ayu Ting Ting dan Princess Syahrini tentu akan beda barang yang cocok untuk diendorsekan. Untuk Ayu Ting Ting mungkin barang dan jasa untuk kelangan menengah ke bawah dan untuk Princess Syahrini cocoknya untuk barang dan jasa kalangan menengah keatas. Lalu bagaimana kalau merek, barang atau jasa yang cocok untuk kalangan menengah ke bawah di endorse kan pada Syahrini? Apa tidak efektif. Saya rasa tetap efektif namun biayanya mungkin yang jadi masalah. Biaya untuk endorse Princess Syahrini saya rasa akan berkali-kali lipat dari pada artis-artis lainnya. Begitu juga sebaliknya.

Ketika seseorang mengendorse seorang artis atau selebgram atau youtuber  tentu mereka berharap merek, barang atau jasa yang mereka pasarkan akan semakin terkenal dan secepatnya orang-orang datang pada mereka, khususnya follower si artis atau selebgram yang kita mintakan endorsenya. Untuk itulah pemilihan artis atau selebgram sangat mempengaruhi  hasil endorsement.

Orang mengendorse seseorang sudah tentu menginginkan hasil yang positif bahkan kalau bisa hasilnya instant karena mengendorse (meminta rekomendasi) membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Memang ada beberapa selebgram, youtuber atau artis dengan bayaran murah namun tentu saja itu disesuaikan dengan kondisi mereka, misalnya follower mereka sedikit. Jika ada selebgram, youtuber atau artis banyak followernya namun harga endose nya murah bisa dicurigai kalau para follower mereka adalah follower palsu atau bisa jadi akun mereka akun palsu.

endorse
endorse
  1. Akun Real

Cara Memilih Selebgram, Youtuber dan Artis untuk di di endorse

Pastikan kalau akun yang akan kita endorse adalah akun asli atau real bukan fake account. Kalau ternyata akun yang  kita endorse ternyata akun palsu, itu berarti kita buang-buang uang karena tidak mungkin kita mendapatkan promosi atau endorsement dari selebram, youtuber atu artis yang kita mau tersebut. Cara mudah untuk mengetahui bahwa akun tersebut real adalah biasanya kalau ada kata official atau ada tanda centang warna biru.

2. Followers Atau Subsciber Real

Saat ini banyak sekali jasa followers dan subscribers palsu sehingga banyak akun yang tidak terkenal  namun memiliki follower atau subscriber yang luar biasa banyak. Lalu bagaimana cara membedakan mana akun yang memiliki banyak follower atau subscriber asli dan palsu? Cara mudahnya adalah dengan melihat respon dari setiap postingan mereka. Jika setiap kali poting dan mendapatkan banyak like, comment dan share dan yang banyak,  itu ciri mudah kalau akun tersebut memiliki follower atau subscriber asli. Intinya jika ada banyak kehidupan di setiap postingan berarti akun tersebut asli.

3. Lihat Kehidupan Selebgram, Youtuber atau Artis yang akan di endorse

Sebagian telah saya terangkan seperti perbedaan antara Ayu Ting Ting dan Princess Syahrini. Jangan sampai kita meng endorse selebgram, youtuber atau artis yang bertolak belakang atau kira-kira yang akan membuat merek, barang atau jasa yang kita minta promosikan  pada mereka mendapatkan feed back yang buruk. Misalnya, jika kita akan mengendorsekan biro travel haji dan umroh pada artis yang suka kehidupan malam, apalagi kehidupan malamnya terekspos habis, tentu saja itu tidak cocok. Biro travel haji dan umroh akan cocok di endorsekan pada artis yang relijius atau minimal tidak punya masalah dalam kehidupan keagamaan.

Misal juga jika kita punya aplikasi mencari pacar untuk para jomblo, tentu saja aplikasi tersebut cocok dengan artis yang masih jomblo di mau di endorsekan.

4. Sesuaikan Budget

Jika kita ingin mempromosikan merek, barang atau jasa lewat selebram, youtuber atau artis, kita juga harus tahu budget kita berapa. Semakin mereka memiliki follower dan subscriber yang banyak tentu saja akan sangat mahal. Jika kita hanya memiliki anggaran seratus ribu rupiah, jangan harap kita mengendorse mereka yang terkenal. Dengan uang seratus ribu mungkin kita akan mendapatkan endorse dari selebram yang memiliki follower beberapa ribu saja. Semakin terkenal dan memiliki jutaan follower semakin mahal artis tersebut . Tidak usah protes dan heran karena itulah hukum dunia online.

Keuntungan Mengendorse atau mengggunakan Jasa Endorse

Menggunakan Jasa endorse atau mengendorsekan merek, barang atau jasa tentu saja karena kita ingin mendapatkan keuntungan. Berikut ini keuntungan-keuntungan jika kita menggunakan jasa endorse

  1. Promosi Efektif

Dengan menggunakan jasa selebgram, youtuber dan artis adalah merupakan promosi yang efektif. Kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan budget yang kita miliki, dan apa yang kita promosikan lewat endorse tersebut bisa langsung tersebar ke seluruh Indonesia, dan bertahan lama lagi. Coba saja kalau kita promosi lewat iklan di televisi,  berapa puluh juta sekali tayang untuk iklan setengah menit dan kalikan saja untuk berapa kali tayang, dan iklan di televisi  seperti  mimpi. Sekali tayang langsung hilang. Beda dengan promosi pada selebgram dan youtuber yang cenderung abadi.

2. Jangkauan Luas Dan Bertahan Lama

Seperti yang saya terangkan pada nomer 1, promosinya lebih bertahan lama, abadi dan menjangkau seluruh Indonesia selama akunnya masih hidup dan aktif.

3. Mudahnya Mencapai Target

Jika kita mengendorse seorang selbgram atau artis untuk menjual produk atau jasa kita, maka itu adalah jalan mudah karena otomatis para follower mereka akan datang pada kita. Misalnya jika selebgram atau artis tersebut punya follower satu juta maka 30% saja akan bagus sekali apalagi kalau lebih. Misalnya kita mengendorse selebgram, youtuber atau artis yang hobi kuliner maka sangat efektif untuk mendatangkan pembeli atau pelanggan untuk produk kuliner yang kita jual atau mendatangkan pelanggan untuk resoran kita. Mereka yang ahli di bidang akan cenderung dipercaya oleh para followernya sehingga kita bisa mencapai target dan endorse yang kita lakukan.

Sebetulnya masih banyak keuntungan dari menggunakan jasa endorse namun saya pikir 3 saja cukup.

Jasa Endorse mengendorse berarti uang dan bisnis yang menggiurkan. Silahkan saja Anda browsing sendiri berapa ongkos sekali endorse pada artis, youtuber dan selebgram.  Bila Anda tidak punya merek, barang dan jasa yang mau Anda endorse, Anda bisa juga membuka lowongan endorse. Itu artinya Anda siap menjadi artis di instagram atau di youtube, atau lebih kerennya selebgram atau youtuber.

Berikut ini tips untuk menjadi selebgram atau youtuber menjadi yang bisa mendapatkan endorse.

  1. Nama Profil atau Chanel Yang Menarik

Nama profil yang menarik dan mudah diingat. Nama profil ini bisa jadi nama pemilik akun tersebut. Untuk nama chanel bebas yang penting menarik dan mudah diingat sehingga netizen tidak kesulitan mencari profil tersebut.

2. Conten Yang Menarik

Conten yang menarik adalah daya tarik utama sehingga banyak netizen dengan senang hati menjadi follower ata subscriber.  Jikalau netizen tidak sempat menjadi follower atau subscriber maka masih ada kemungkinan untuk kembali lagi dan mencari chanel atau akun instagram kita.

3. Posting Secara Konsisten

Postingan yang menarik dan konsisten adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh para follower atau subscriber setia. Jika akun instagram atau chanel yang sudah menarik tidak pernah posting lagi atau update konten lagi maka lama-lama akun atau chanel tersebut akan dilupakan . Jadi posting konten yang menarik konsisten adalah kunci utama.

4. Perbanyak Follower atau Subsriber

Untuk memperbanyak follower atau subscriber sebenarnya adalah sangat mudah dan tidak perlu dirisaukan jika kita memiliki postingan atau konten yang menarik. Semakin menarik dan konsisten, follower atau subscriber akan bertambah dengan sendirinya.

5. Berinteraksi dengan Follower atau Subscriber

Akun Instagram dan chanel yang pemiliknya mau berinteraksi dengan para follower atau subscribernya akan lebih dihargai dan lebih ramai. Interaksi selain menjalin silaturahmi juga menjadi nilai plus karena para komentator merasa di hargai.

Jika kelima point tersebut di jalankan dengan tepat, insya Allah Anda akan segera di hubungi seseorang untuk minta endorse. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.