Pentingnya Kontak Mata Dalam Komunikasi
Pentingnya Kontak Mata Dalam Komunikasi

Pentingnya Kontak Mata Dalam Komunikasi

Diposting pada

Mata adalah jendela hati. Hanya dengan menatap mata orang lain maka kita bisa mgnetahu isi hati dan pikiran orang lain. Kontak mata adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam komunikasi. Bahkan dengan kontak mata bisa menunjukkan banyak hal. Secara umum kontak mata adalah hal yang sangat baik dalam komunikasi namun bila kontak mata di lakukan secara kasar misalnya menatap terus menerus atau meloto maka bisa terjadi kesalahpahaman dan bisa mengakibatkan masalah yang sangat besar.

Pentingnya Kontak Mata Dalam Komunikasi

Ketika kita bicara dengan orang lain dan orang lain tidak mau kontak mata dengan kita, kita merasa sangat dilecehkan atau kita merasa di remahkan. Kontak mata adalah salah satu skill komunikasi nonverbal yang sangat menentukan dalam komunikasi dengan orang lain ataupun audien  secara langsung.

Berikut ini manfaat dan alasan kontak mata dalam komunikasi yang perlu Anda ketahui :

  1. Rasa Hormat

Dengan mengadakan kontak mata berarti menunjukkan rasa hormat dengan lawan bicara. Kita sudah pasti akan merasa di lecehkan ketika bicara dengan orang lain namun orang tersebut malah memandang kearah lain seakan kita tidak ada.

Atau ketika kita bicara dengan orang tersebut tapi orang tersebut malah lebih focus pada handphone daripada pada apa yang kita bicarakan, tentu kita merasa direndahkan bukan?

  • Menunjukkan Dominasi atau kekuasaan

Dengan mengadakan kontak mata berarti kita bisa menunjukkan dominasi atau kekuasaan kita terhadap orang lain atau terhadap audien. Kita dengan kontak mata bearti kita bisa mengatasi keadaan dan kita bisa melanjutkan menyampaikan apa yang akan kita sampaikan selanjutnya atau mau diapakan komunikasi selanjutnya.

  • Tanda Memahami

Kontak mata bisa juga menunjukkan pertanda bahwa kita memahami apa yang sedang lawan bicara kita bicarakan. Dan itu juga berarti juga penghargaan pada lawan bicara.

  • Rasa Ikatan Pikiran Dan Perasaan

Dengan kontak mata bisa juga menunjukkan adanya ikatan antara orang yang berbicara dengan lawan bicaranya atau para audien. Disinilah ikatan emosi, pikiran, rasa prihatin dan perasaan tersambung antara kedua belah pihak.

  • Keyakinan

Kontak mata bisa juga berarti menunjukkan keyakinan. Misalnya orang mendapat pertanyaan namun dia tidak mau kontak mata, hal itu menunjukkan tidak adanya rasa percaya diri atau keyakinan kalau dia bisa menjawab pertanyaan tersebut. Orang yang tidak memiliki keyakinan biasanya akan cenderung gelisah tidak tenang.

  • Menunjukkan Status

Kontak mata bisa menunjukkan status seseorang. Seorang bawahan biasanya tidak akan mengadakan kontak mata secara kasar karena itu berarti dia melawan atasan atau tidak sopan.

  • Tanda Membuka Dan Menutup Komunikasi

Kontak mata bisa juga dijadikan sebagai tanda mengawali dan mengakhiri suatu komunikasi. Dengan mengakhiri kontak mata berarti usai sudah suatu komunikasi. Walau hal ini tidak di terangkan dengan kata-kata namun bisa dipahami oleh orang yang di ajak berkomunikasi.

Jadi jelas bahwa kontak mata sangat penting dalam komunikasi namun ada beberapa sebab mengapa orang tidak mau melakukan kontak mata dengan lawan bicara. Berikut ini sebab orang tidak mau kontak mata dengan orang lain

  1. Tidak Percaya Diri

Orang tidak percaya diri adalah orang yang bermasalah dengan dirinya sendiri. Rasanya ada sesuata yang mengancam jika berkomunikasi dengan orang lain. Orang jenis ini butuh berlatih keras untuk berkomunikasi dan berlatih menumbuhkan kepercayaan diri untuk berkontak mata.

  • Berpikir Tentang Masa Depan atau Masa Lalu

Hal ini tampak dari pandangan mata yang sehingga lawan bicara tidak diperhatikan dengan baik.

  • Kurang minat atau keterlibatan dengan audien

Orang yang kurang minat dan tidak ada rasa keterhubungan dengan lawan bicara akan terlihat jelas dari bola matanya sehingga menghindari kontak mata

Dalam berbicara dengan para audien seringkali orang melakuakn kesalahan. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan dalam kontak mata.

  1. Melihat langit-langit atau lantai dalam berbicara dengan para audien
  2. Menatap ruangan dengan tatapan kosong
  3. Menatap dari kanan ke kiri atau sebaliknya secara teratur seperti lampu mercusuar tanpa benar-benar melihat para hadirin.

Kontak mata adalah skill yang perlu dilatih untuk berkomunikasi sehingga komunikasi berjalan dengan baik. Kontak mata secara umum berlaku namun untuk negara-negara dan budaya tertentu sangat dilarang, khususnya untuk negara dengan budaya islam. Jika seorang laki-laki mengadakan kontak mata dengan seorang perempuan apalagi dengan istri orang, maka akibatnya akan celaka. Dalam budaya internasional,apalagi untuk presentasi sebuah proyek atau sesuat, kontak mata dengan lawan bicara atau audien sangat penting.