Perbedaan Programmer Dan Developer

Posted on

Banyak orang yang masih keliru antara Programmer dan Developer sehingga dalam pikiran mereka selalu menyamakan antara programmer dan developer. Kalian pasti ingin tahu kan perbedaannya? Inilah perbedaan antara programmer dan developer.

Perbedaan Programmer Dan Developer
Perbedaan Programmer Dan Developer

Programmer

Programmer adalah bisa juga di sebut orang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Dia juga mempunyai banyak kemampuan terdiri dari berbagai tinggat level nya masing-masing, mereka handal dalam menulis kode, mengerti algoritma dan sering bekerja sendiri.

Seorang programmer harus menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman bukan hanya itu meraka juga harus handal dalam menggunakannya. Asal Programmer biasanya merupakan lulusan dari Universitas dengan jurusan ilmu komputer atau informatika. Ada juga loh programmer yang bukan berasal dari Universitas, seperti pelajar SMK di bidang informatika, atau orang yang belajar otodidak. Programer yang otodidak ini yang biasanya perusahaan cari.

Developer

Developer adalah seorang programmer yang sudah terlatih dengan level tinggi, dia tidak hanya menyelesaikan masalah, namun juga mampu membangun suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip desain dan implementasi RPL, termasuk kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, dan idealnya keamanan diikutkan juga.

 

Developer juga bisa dikatakan sebagai seseorang yang mengusai berbagai bahasa pemrograman yang berbeda serta saling terhubung satu sama lain. Developer merupakan seseorang programer yang profesional, dapat bekerja dengan orang lain, mempunyai tingkat komunikasi dengan programer lain dengan baik.

 

Developer biasanya menggambarkan tujuan, dia juga mampu merancang perangkat lunak yang di tuju, Developer juga memiliki kebabasan yang cukup karena iya berpengalaman lebih dalam di banding Programmer.

Intinya

  • Programmer juga bisa disebut coder, sedangkan Developer juga bisa disebut software engineer
  • Perbedaan antara Programmer dan Developer yang paling mendasar adalah tingkatan derajatnya

Kalo kamu Yang mana. cukup mudahkan membedakan Programmer dan Developer, komentar ya jika ada tambahan. Jangan lupa bagikan artikel ini dengan mengklik icon sosial media yang telah di sediakan