Resep Galundeng Khas Gombong

Posted on

 

Resep  Galundeng Khas Gombong

Jalasenastri.com – Kue galundeng adalah salah satu kue tradional terkenal di daerah Gombong, Kebumen, Banyumas, Purwokerto, Banjarnegara dan sekitarnya. Kue galundeng Gombong ini adalah kue bantal dengan salah satu sisinya hitam ditempeli gula dan rasanya sangat maknyus.

Kue Galundeng
Kue Galundeng

Galundeng dikenal juga dengan nama Bolang-Baling, Golang-Galing, Galundheng hingga Donat Jawa. Resep Kue Galundeng merupakan Disorientasi satu Resep Tradisional yang sudah ada sejak dahulu, siapa penemu Resep Kue Galundeng tak diketahui. Yang jelas Resep Kue Galundeng khas Gombong ini merupakan salah satu Resep Warisan Nusantara yang masih dijaga hingga sekarang.

Kini Galundeng ada kreasinya yaitu diberi taburan diatasnya dengan biji wijen sehingga dinamai Galundeng Wijen atau Bolang-Baling Wijen, atau Golang-Galing Wijen. Rasanya sama hanya aja lebih manisan yang tanpa wijen di karenakan kalau yang Galundeng Original Resep Kue Galundeng nya memakai taburan gula yang menempel diatas Kue Galundeng.

Resep membuat Galundeng Asli Gombong  ini sangatlah mudah dan tentunya bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang aman dikonsumsi semua orang serta harganya pun cukup terjangkau. Kue Galundeng rasanya manis asli gula, dan teksturnya kasar diluar lembut di dalam, saat digigit sedikit keras tapi sedikit mulur dan empuk, rasa luarnya lebih manis dari dalamnya terlebih luarnya ada taburan gula yang mengering. untuk yang belum pernah memakan Kue Galundeng, pasti sekali makan akan ketagihan.

Inilah Resep Kue Galundeng khas Gombong  yang terkenal.

Bahan Resep Kue Galundeng :

  1. Tepung terigu 500 gr
  2. Gula pasir 75 gr
  3. Garam secukupnya
  4. Backing powder 6 gr
  5. Minyak goreng secukupnya
  6. Air es secukupnya

Bahan Taburan Resep Kue Galundeng khas Gombong (Opsional) :

  1. Sediakan wijen secukupnya (apabila ada, kami tak memakai)
  2. Sediakan gula pasir secukupnya (kami memakai)

Cara Membuat Resep Kue Galundeng :

  1. Pertama, siapkan wadah dan ambil tepung terigu, backing powder, garam, serta gula pasir, setelah itu dicampur menjadi satu dan diaduk hingga rata.
  2. setelah itu, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil adonan terus diuleni hingga kalis atau tak lengket sekitar 10 menit.
  3. Selanjutnya diamkan adonan Kue Galundeng sekitar 30 menit, serta ditutup memakai kain Higienis.
  4. Setelah itu, uleni kembali adonan sekitar 5 menit.
  5. Tutup kembali dan diamkan semalam.
  6. Lalu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi kotak, setelah itu olesi dengan air dan gulingkan diatas campuran gula dan wijen (bila pakai wijen).
  7. Ulangi langkah nomor 6 hingga adonan Demisioner.
  8. Selanjutnya, panaskan minyak goreng, setelah itu goreng Kue Galundeng atau Bolang-Baling atau Golang-Galing ini hingga matang berwarna kecoklatan dan mengembang.
  9. Angkat, tiriskan dan siap dihidangkan.

Sebelum digoreng, anda juga Bisa mengisi Kue Galundeng ini dengan memakai cokelat, keju, kismis, selai, dan lain-lain sehingga rasanya akan sangat enak sekali. Kue Galundeng yang sederhana akan terlihat lebih istimewa Kue Galundengnya dikreasikan dengan aneka topping ataupun popping.

Saya pribadi paling senang menikmati kue galundeng ini diwaktu sarapan. Galundeng khas Gombong maknyus. Rasanya sangat nikmat dinikmati dengan minum teh atau kopi.

Kebanyakan pedagang Kue Galundeng hanya menjajakkan Resep Kue Galundeng yang memakai wijen dan original aja, belum ada yang menjajakkan Kue Galundeng dengan kreasi lain, misalnya seperti Kue Galundeng Isi Coklat, Kue Galundeng Isi Keju, Kue Galundeng Isi Kismis, dan lain-lain.

Saat ini penulis tinggal di Jakarta. Di Jakarta banyak sekali penjual kue bantal atau kue galundeng aba-abal. Maksudnya adalah sepintas kue tersebut mirip kue galundeng namun palsu karena kue tersebut tidak ada gulanya di salah satu sisinya yang merupakan ciri khas kue galundeng. Kue galundeng khas Gombong tanpa gula di salah satu sisinya menjadi tidak enak. Yang asli galundeng Gombong adalah salah satu sisinya ada gulanya sehingga rasanya menjadi sangat nikmat.

 

Tidak semua galundeng di Jakarta abal-abal, kadang di jumpai juga galundeng asli dan bila sudah begitu waktunya bagi saya untuk memborong dan makan sepuasnya.